N3 Payakumbuh - Medio Oktober tahun ini, sebuah perhelatan akbar tentang silat akan digelar di Kota Payakumbuh, namanya Festival Silat Internasional. Helat Akbar tersebut akan melibatkan ratusan pesilat dari berbagai perguruan silat dalam dan luar negeri. Tercatat, disamping perguruan silat dalam negeri,  beberapa perguruan silat dari Singapura, Vietnam, bahkan Brazil sudah menyatakan kesiapan menghadiri kegiatan tersebut.

Demikian diungkap Kepala Taman Budaya Provinsi Sumatera Barat,  Muasri saat memimpin rapat teknis persiapan pelaksanaan Festival tersebut Aula pertemuan Bakinco Resto, Kelurahan Koto Tangah Kecamatan Payakumbuh Barat, Senin (1/10). Rapat diikuti oleh sejumlah pejabat OPD Pemko Payakumbuh, diantaranya dari Disparpora, Diskominfo dan Satpol PP dan Damkar.

Dikatakan Masri, kegiatan festival silat tersebut merupakan bagian dari pokok pikiran salah seorang anggota DPRD Sumatera Barat asal Kota Payakumbuh, Supardi. Dikatakan,  kegiatan festival silat internasional tersebut diharapkan dapat membawa keuntungan bagi perekonomian Kota Payakumbuh kedepan.

"Kita membawa uang APBD provinsi melalui festival silat internasional ini ke Payakumbuh. Tentu kita berharap, kegiatan ini akan menggerakkan berbagai sektor di Payakumbuh, utamanya sektor ekonomi, seperti sektor perhotelan, kuliner, dan sebagainya," ujar Muasri.

Ditambahkan, seluruh akomodasi peserta festival akan diselenggarakan di Payakumbuh,  baik penginapan, makanan, publikasi dan segala keperluan pelaksanaan kegiatan lainnya. Menurutnya, kepanitiaan akan melibatkan hampir 90 persen SDM lokal.

"Semua kebutuhan festival sebagian besar kita ambil dari payakumbuh,  termasuk hotel dan makanan atau kulinernya. Hari ini kita akan booking seluruh penginapan yang dibutuhkan peserta. Bisa dibayangkan manfaat yang akan diterima Payakumbuh dari festival Ini," ujar Muasri.

Sementara, Kabid Humas Diskominfo Payakumbuh, Irwan Suwandi dalam kesempatan dialog mengharapkan iven besar tersebut betul-betul digarap dengan serius.  Menurutnya, publikasi perlu dipergencar mengingat waktu pelaksanaan festival sudah sangat dekat.

"Kita sangat bersyukur Pemprov membawa iven internasional ke Payakumbuh. Harapan kami,  publikasi agar digencarkan, supaya festival besar ini bisa diketahui publik lebih luas dan partisipasi masyarakat untuk menyukseskannya juga besar. Kita siap membantu," ujar Irwan.

Dari perencanaan, ada tiga jenis festival silat yang akan dihadirkan dalam kegiatan tersebut. Pertama, Gelanggang Anak Nagari, kedua,  Gelanggang Nasional, dan ketiga, Gelanggang Internasional.

"InsyaaAllah kita siapkan juga hadiah berupa uang pada jenis Gelanggang Anak Nagari yang pesertanya berasal dari perguruan dan atau utusan pengkab/ pengkot IPSI se Sumatera Barat," pungkas Muasri. (Rahmat Sitepu/rel)

 
Top