MAGELANG--- Anggota Koramil 08 Pakis Kodim 0705/Magelang Serda Sarino terus berupaya memberikan pendampingan kepada para petani dalam kegiatan pengolahan lahan untuk tanaman jagung, Selasa  (09/10)

Upaya kusus peningkatan produktifitas padi, jagung dan kedelai (Pajale) yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 08/Pakis terus dilakukan secara intensif, seperti kegiatan kali ini Serda Sarino turun langsung ke ladang petani ikut membantu menyangkul, menyiapkan lahan seluas 925 m2 yang akan aegera ditanami jagung.

Sebagian besar lahan diwilayah Pakis hanya mengandalkan pengairan tadah hujan sehingga pada saat musim kemarau para petani yang tadinya masih bisa menanam padi, saat ini mencoba peruntungannya dengan menanam jagung sebagai alternatif agar lahan-lahan mereka tetap produktif.

"Kami sangat salut dengan semangat para petani di wilayah Kecamatan Pakis, biarpun dengan kondisi geografisnya yang cukup sulit mengingat sebagian besar lahan mereka berada di lereng-lereng gunung tapi semangat bertanib mereka sangat tinggi" kata Sarino.

Sarino menambahkan, yang membuat dia betah bertugas di wilayah tersebut karena masyarakatnya sangat santun dan ramah-ramah. Kultur budaya mereka sangat bagus, dimana kehidupan sosial di wilayah Pakis kususnya di Dusun Semampiran Desa Ketundan yang menjadi wilayah binaannya sangat menjunjung tinggi kerukunan dan semangat gotong royong.

Sementara itu Hasanudin (47) salah satu petani Dusun Semampiran sisela-sela kegiatan mengolah lahanya menyampaikan bahwa dirinya sangat senang dan berterimakasih dimana babinsa mau ikut turun ke ladangnya membantu mencangkul bersama dirinya.

"Saya tidak menyangka bahwa ternyata seorang babinsa juga pandai mencangkul dan bertani" ujar Hasanudin sambil menyeka keringatnya.(pen)
 
Top