N3, Magelang ~ Anggota Koramil 16/Srumbung bersama sama dengan perangkat desa Se-Kecamatan Srumbung mengikuti upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman Kecamatan Srumbung, bertindak sebagai inspektur upacara Camat Srumbung, M.Taufik HY, S.STTP.M,SI. Senin, ( 01/10 ).

Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Oktober. Upacara Hari Kesaktian Pancasila adalah memperingati sebuah peristiwa dimana idiologi Pancasila tetap berdiri kokoh walaupun ada upaya penggantian dengan idiologi lain dari sekelompok masyarakat yang bernaung organisasi masyarakat yang bernama partai komunis nasional (PKI) yang terkenal dengan pemberontakan G 30 S/PKI.

Gerakan ini bertujuan merubah idiologi Pancasila menjadi Faham Komunis telah merenggut banyak korban dari putra-putra terbaik bangsa, para ulama, tokoh pemuda dan juga masyarakat yang tidak sepaham dengan idiologi mereka. Sejarah telah mencatat dimana dimana sedikitnya enam Jendral dan satu Kapten berserta ribuan orang lainnya menjadi Korban kebiadaban PKI.

Dalam amanatnya Camat Srumbung menyampaikan bahwa upacara memperingati kesaktian Pancasila bukan untuk membuka luka lama dimana penghianatan PKI sungguh menyakitkan rakyat Indonesia. Tetapi untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur demi membela dan mempertahankan Pancasila.

“Disini kita mengajak kepada masyarakat untuk selalu mengingat akan peristiwa itu, dan menghimbau kepada saudara lainnya untuk tetap mencintai Tanah Air dengan sepenuh hati, Jangan biarkan oknum oknum yang tidak bertanggung jawab merusak persatuan kita” pungkasnya.(pendimmgl)
 
Top