Gencarkan GISA, Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi Harapkan Percepatan Realisasi Adminduk

N3 Limapuluh Kota - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Limapuluh Kota terus menggencarkan pemenuhan kepemilikan dokumen kependudukan masyarakat di daerahnya. Menindaklanjuti pencanangan Gerakan Indonesia Sadar Adiminstrasi kependudukan (GISA) beberapa waktu lalu, kini Disdukcapil setempat menggiatkan sosialisasi dan pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk).

Bupati Limapuluh Kota H. Irfendi Arbi didampingi Kepala Disdukcapil Afrizal Azis, SH kepada wartawan di kantor Disdukcapil setempat, baru-batu ini mengatakan, dengan adanya GISA diharapkan meningkatnya perilaku tertib administrasi kependudukan di tengah masyarakat.

“Dengan adanya GISA ini, kita berharap tersosialisasinya masalah administrasi kependudukan kepada seluruh lapisan masyarakat dan terealisasinya pemenuhan kepemilikan dokumen kependudukan bagi setiap warga,” tutur Irfendi Arbi.

Menurut Irfendi Arbi, semua pihak harus terus diajak untuk mensukseskan program sadar kepemilikan dokumen kependudukan tersebut. Targetnya, masyarakat benar-benar menyadari pentingnya dokumen kependudukan, sadar pentingnya pemanfaatan data kependudukan, dan pentingnya pemutakhiran data kependudukan, serta menyadari pentingnya pelayanan administrasi kependudukan menuju masyarakat yang bahagia.

Untuk itu, lanjutnya, program GISA ini harus sukses agar seluruh warga di daerah ini memiliki dokumen kependudukan dan ke depan tidak ada lagi yang terkendala berurusan karena alasan tidak memiliki adminduk seperti e-KTP, KK dan lainnya.

“Kita tidak ingin ada warga yang hendak berpergian ke luar daerah atau ke luar negeri seperti untuk menunaikan ibadah umroh terkendala karena tidak memiliki KTP. Untuk itu saya meminta Disdukcapil betul-betul menjalankan program GISA sehingga terwujudnya pelayanan dokumen kependudukan yang efektif dan efisien,” ujar Irfendi Arbi sembari mengajak masyarakat untuk ikut proaktif mengurus administrasi kependudukan masing-masing.

Sementara itu Kepala Disdukcapil Afrizal Azis menjelaskan, GISA merupakan gerakan nasional buat mendorong masyarakat memiliki dokumen kependudukan yang lengkap mulai dari akta kelahiran, e-KTP, buku nikah, akta kematian, dan lainnya. Menindaklanjuti pencanangan GISA di Kenagarian Sariak Laweh ini beberapa waktu lalu, Disdukcapil langsung melakukan pelayanan terpadu seluruh dokumen kependudukan dan capil.

Dikatakan, untuk tahap awal pihaknya sudah melaksanakan pembinaan dan sosialisasi tentang pentingnya kepemilikan dokumen untuk berbagai urusan setiap warga seperti untuk melanjutkan sekolah, melamar pekerjaan, bepergian ke luar daerah dan lainnya. Selain itu Disdukcapil juga telah melakukan pelayanan terpadu di nagari seolah Disdukcapil berkantor di nagari.

Lebih jauh Afrizal memaparkan optimis mencapai target nasional untuk perekaman e-KTP harus 100% dan kepemilikan akte kelahiran minimal 90%. 

“Kita optimis mencapai target nasional untuk perekaman e-KTP dan kepemilikan akte kelahiran. Hingga bulan September 2018 lalu kita sudah merealisir perekaman e-KTP sebesar 94,30% dan realisasi akte sebanyak 87%. Khusus untuk e-KTP bersisa 15.000 orang yang ahrus direkam yang tersebar di berbagai nagari dan sekolah-sekolah,” terang Afrizal sembari menyebut untuk perekaman itu pihaknya juga akan masuk ke sejum;ah SLTA di Kabupaten Limapuluh Kota dan daerah tetangga Kota Payakumbuh. (rel)
Previous Post Next Post