Padang - Masa reses adalah masa dimana para anggota dewan bekerja di luar gedung DPRD dalam kurun waktu kurang lebih lima hari. Pada masa reses, para anggota dewan ini berkesempatan untuk bertemu dan menjumpai konstituen di daerah pemilihannya (Dapil) masing-masing.

Hal ini dilakukan guna menjaring dan menampung aspirasi serta melaksanakan fungsi pengawasan dan biasanya dikenal dengan kunjungan kerja (kunker), jelas Ketua DPRD Kota Padang, Elly Thrisyanti pada konstituennya di Parak Laweh Pulau Aie Nan XX, Sabtu (27/10).

Elly Thrisyanti mengatakan kegiatan reses ini perlu dilakukan guna mendengarkan secara langsung aspirasi yang ada di masyarakat. Sehingga nantinya bisa diambil sebuah keputusan yang terbaik.

"Kalau tidak, bagaimana kita bisa ke tempat konstituen untuk menampung aspirasi ? Dalam masa reses, satu hari bisa pergi ke enam atau lima tempat," katanya.

Dia juga mengatakan reses ini sangat penting agar konstituen tidak merasa bahwa anggota dewan yang terpilih tidak sampai (diibaratkan) kacang lupa kulit.

Elly sendiri dalam masa resesnya menyempatkan diri berkunjung ke sejumlah tempat di daerah pemilihannya.

"Masyarakat tidak boleh tidak mau tahu akan politik. Mereka harus tahu, karena hal tersebut menyangkut masa depan mereka." katanya bersemangat.
 
Top