N3 Kerinci - Terciptanya momen pertama kali dalam sejarah dunia alumni Universitas Negeri Padang (dulunya IKIP Padang-red), dengan dibentuknya wadah Ikatan Alumni untuk wilayah diluar Sumatera Barat.

Drs. Amri Swarta, M.M dilantik secara resmi sebagai Ketua Iluni UNP Cabang Kabupaten Kerinci 2018 bertempat di Mess Kayu Aro, Sabtu (6/10).

Hadir pada acara pelantikan ini Bupati Kerinci Dr. H. Adirozal, dan Wakilnya , lalu Wakil Rektor I dan Wakil Rektor III UNP, Pembina Rektor Bidang Kemahasiswaan Alumni dan rombongan dari Kota Padang, serta Sekjen DPP Ikatan Alumni UNP Drs. Ali Muhni.

Wakil Rektor III UNP dalam sambutannya mengatakan jumlah mahasiswa UNP sekarang mencapai 40.000 orang dengan banyak disiplin ilmu , untuk memenuhi kebutuhan fasilitas, juga butuh bantuan dari alumni.

Kualitas perguruan tinggi tidak lepas dari peranserta alumninya, karena keberhasilan alumni setelah tamat dari universitas, akan berdampak kepada kemajuan universitas.

“Ketika kita melakukan promosi, maka nama alumni selalu kita sebutkan, terasa jalinan kerjasama dengan alumni sangat mempengaruhi kredibilitas sebuah universitas, dan juga akreditasi UNP sekarang sudah A,” ujarnya.

“Bupati Kerinci yang merupakan Alumni UNP yang menjadi salah satu tolok ukur dalam mengajukan akreditasi kampus, dan banyak pejabat dan kepala daerah yang merupakan tamatan UNP,” ulasnya.

Bupati Kerinci Dr. H. Adirozal menyebutkan yang dilantik merupakan orang-orang yang sesuai dengan bidangnya masing-masing, besarnya lembaga tidak lepas dari peran kita, besarnya kita tidak lepas dari peran lambaga, serba timbal balik.

“Tidak mungkin kita secara instan menjadi dokter, pejabat, pekerja kantor, dan lain sebagainya, kita di proses di lembaga dahulu,” ujar Bupati Kerinci mantap.

Adirozal juga berharap agar kedepannya Iluni UNP cabang Kerinci dapat memberikan kontribusi kepada kampus UNP nantinya.

Drs. Amri Swarta, M.M yang baru dilantik mengatakan terbentuknya Iluni UNP Kabupaten Kerinci merupakan hasil tindak lanjut waktu pak Bupati di undang dalam acara wisuda ke 112, Bupati diminta untuk melakukan orasi ilmiah, dari hasil MoU dengan pihak UNP, maka dicetuskanlah Iluni UNP Kabupaten Kerinci.

“Setelah pembentukan Iluni ini nanti memiliki ADRT, hal yang sangat vital sekali adalah Museum Kerinci yang belum memiliki isi, dan kita nanti akan menjalankan proses untuk mengisinya. Kita akan data seluruh alumni UNP yang ada di Kerinci. Dalam dunia pendidikan kedepan, khususnya alumni kita yang bergerak di pendidikan SMA/SMK akan mensingkronkan antara kebutuhan program kerja daerah dengan jurusan-jurusan yang ada di Universitas,” ujar Amri Swarta yang merupakan Kadis Pendidikan Kabupaten Kerinci. (Rahmat Sitepu)

 
Top