N3,Sarolangun ~ Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) melalui Bidang Penelitian Pengembangan (Litbang) Kabupaten Sarolangun melaksanakan Rapat Koordinasi Kelitbangan dan Rencana Aksi Sistem Inovasi Daerah (SIDa) Tahun 2018.

Rakor yang mengambiKepala "Inovasi Daerah Dalam Meningkatkan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Argo Industri Karet Demi Terwujudnya Sarolangun Lebih Sejahtera" dilaksanakan di Aula Kantor Bappeda Sarolangun yang dibuka oleh Wakil Bupati Sarolangun H.Hillalatil Badri dihadiri Plt Kepala Bappeda Sarolangun Dedi Hendri, Kabid Ekonomi Bappeda Provinsi Jambi Katamso,Kepala Bappeda Kabupaten tetangga dan diikuti oleh Kepala OPD,Camat,Kades beserta Pihak-pihak dari kalangan pengusaha IKM dan UKM dan petani karet Kabupaten Sarolangun,Senin (29/10/2018).
Plt Kepala Bappeda Sarolangun Dedi Hendri dalam laporannya menyebutkan,Rapat Koordinasi ini dilaksanakan dalam rangka penguatan dan mensinkronkan dalam mendukung perencanaan pembangunan daerah di Provinsi Jambi.

Sedangkan Kepala Bappelitbang Provinsi Jambi,yang diwakili oleh Kabid Ekonomi Katamso menjelaakan bahwa Kegiatan Rakor ini juga dalam rangka penguatan kapasitas ekonomi rakyat khususnya di bidang industri karet,dimana kondisi saat industri karet dan sawit sangat berpengaruh dalam pertumbuhan ekonomi.

"Suatu perencanaan yang baik untuk didorong adalah perencanaan yang dibuat berdasarkan hasil kajian dan penelitian yaitu aspal karet,sehingga program aspal karet ini nanti yang dihasilkan benar-benar menyentuh kegiatan pemenuhan hajat hidup masyarakat banyak,"sebutnya.


Wakil Bupati Sarolangun H.Hillalatil Badri yang membuka Rakor tersebut dalam sambutannya mengatakan,salah satu peran Pemerintah untuk peningkatan produktivitas, peningkatan kemampuan ekonomi dengan mengubah keunggulan komparatif menjadi keunggulan kompetitif.

"Diharapkan dengan penguatan kelitbangan ini dapat mendukung sistem inovasi daerah dengan model kerja bersama antara pihak Pemerintah,Pelaku Usaha dan Masyarakat agar tercipta suatu sistem inovasi yang mendukung peningkatan produktivitas untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat,"sebut Wabup.

Lebih lanjut Wabup H.Hillalatil Badri mengatakan,jika menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan,ini merupakan langkah positif untuk meningkat pemahaman para pemangku kepentingan dalam mengendalikan pembangunan daerah agar kedepannya bisa lebih baik dan maju lagi.  (SRF)
 
Top