MAGELANG-- Untuk meningkatkan produksi panen sesuai dengan harapan, para petani mengadakan acara rembug tani yang dihadiri oleh Babinsa Sawitan Koramil 13/Mungkid, Lurah Sawitan dan juga PPL Sawitan di kediaman Ketua Kelompok tani Mugo lingkungan Biyetan Kelurahan Sawitan, Selasa (23/10).

Serka Agus P selaku Babinsa Sawitan mengatakan, "kegiatan kali ini merupakan wujud nyata bahwa TNI melalui Satkowil yang  berada di Satuan Teritorial telah berupaya melaksanakan pendampingan bagi para petani dalam program pemerintah dibidang ketahanan pangan nasional.

"Kegiatan seperti ini  tentunya akan sangat bermanfaat bagi para petani, arahan dan himbauan dari petugas lapangan terutama dari PPL berkenaan dengan bidang pertanian menjadi sebuah sumber informasi bagi pengembangan usaha untuk terus meningkatkan produksi panen yang diharapkan memasuki masa tanam ," jelasnya.

Dalam kegiatan ini Babinsa  juga mengajak kepada segenap petani yang  ada di keluran Sawitan untuk lebih giat dalam menanam padi dengan sistem dua kali tanam padi, satu kali tanam palawija yang ditentukan oleh PPL Pertanian guna meningkatkan target tanam yang sudah ditentukan.

Sementara PPL Kelurahan Sawitan Dian Ritawati A.Md, juga menambahkan, pada kegiatan seperti ini  nantinya akan diberikan informasi berupa pemberian materi berupa sosialisi berkaitan dengan berbagai hal yang bertujuan untuk peningkatan hasil panen dengan berbagai sistem penerapan pola tanam dan perawatan serta penanggulangan hama secara efektif.

Ia juga mengharapkan kepada para anggota kelompok tani,  semua informasi yang sudah terserap agar nantinya diaplikasikan penerapannya dilahan persawahan, gali informasi lebih dalam lagi jika kurang memahami terhadap informasi yang diberikan dengan menayakan hal pada bidang pertanian sehingga kegiatan yang dilaksanakan dapat terserap dengan maksimal.

"Muda-mudahan dengan adanya kegiatan seperti ini  dapat memotivasi bagi para petani untuk meningkatkan produksi panennya,  kesejahteraan mereka semakin meningkat program pemerintah dibidang ketahanan pangan nasional dalam berswasembada beras pun akan teralisasi," pungkasnya.(pendimgl)
 
Top