MAGELANG --- Keberadaan Satuan Perlindungan Masyarakat ( Sat Linmas) yang dulu dikenal dengan nama hansip memiliki peranan cukup penting dalam pelaksanaan dan kelangsungan pemerintahan desa. Termasuk didalamnya proses pelaksanaan Pilkades.

Hal ini ditegaskan Babinsa Treko Serda Imam anggota Koramil 13/Mungkid di depan 25 orang anggota Linmas yang hadir dalam acara pembekalan anggota linmas dalam menghadapi Pilkades serentak  yang dilaksanakan di Balai Desa Treko Mungkid tadi malam, Rabu (10/10).

Serda Imam menyampaikan pada bulan Oktober 2018 ini, Kabupaten Magelang akan menyelenggarakan   pilkades serempak 49 desa yan tersebar di 16 kecamatan. Sedangkan pelaksanaannya pada hari Minggu 14-10-2018. Pada gelaran Pilkades nanti diharapkan  peran anggota linmas sangat dibutuhkan guna membantu menciptakan situasi keamanan lingkungan, terutama saat kampanye, pendistribusian   logistik dan pengamanan TPS  dalam pelaksanaan pemungutan suara.

Ia menambahkan ,"linmas (perlindungan masyarakat) adalah salah satu unsur masyarakat yang disiapkan dan memegang berperan cukup penting dan sangat dibutuhkan terutama dalam menjaga kamtibmas saat proses pilkades.

“Linmas Desa Treko diharapkan mampu menlaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sesuai dengan ketentuan yang ada,   sehingga proses pemilihan kepala desa bisa berjalan aman ,lancar dan damai."kata Imam

Ia juga menyampaikan bahwa anggota Linmas, terutama yang bertugas disaat proses pemungutan suara, merupakan satu satunya unsur keamanan yang berada di ring satu, yakni yang paling melekat, yang benar-bernar berperan utama dalam keamanan dan ketertiban proses pilkades di Tempat Pemugutan Suara (TPS). Jadi peran linmas disini sangat penting dan sangat dibutuhkan.

Secara umum pengarahan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan anggota linmas dalam cegah tangkal terhadap gangguan keamanan lingkungan, menjelang, saat dan setelah proses Pilkades, dengan menyiapkan Aparatur Satuan Linmas Desa/Kelurahan, melalui pembekalan ilmu dalam melaksanakan tugas saat pilkades nanti.

Diharapkan Satuan Linmas dapat menjadi pelopor dan pengerak Pengamanan Swakarsa di tengah-tengah masyarakat dan terwujud kerjasama yang sinergis antara Pemerintah Desa dengan Instansi terkait seperti Koramil , Polsek, dan Tokoh Masyarakat, serta RT/RW untuk membentuk kelompok-kelompok masyarakat guna menciptakan situasi tertib, tentram dan aman di kabupaten Magelang.
 
Top