MAGELANG--- Anggota Koramil 18/Ngluwar Peltu Sutrisno memberikan motivasi dan semangat kepada para petani di wilayah Desa Jamuskauaman Kecamatan ngluwar, untuk tetap optimis dalam menggarap lahan sawah walaupun saat ini kemarau panjang dan air untuk pengairah sudah agak susah, Jum'at (19-10).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan semangat kepada dalam mengolah lahan pertanian juga untuk menjaga kerukunan dalam warga agar tidak terjadi hal - hal yang kurang baik dalam pembagian air untuk pengairan sawah mengingat sekarang kemarau panjang.

Dalam kesempatan tersebut Peltu Sutrisno mengatakan, dalam menghadapi kemarau yang panjang seperti ini kita semua harus saling bergotong royong serta selalu menjaga kekompakan dalam mengelola lahan pertanian, Harus saling mengerti dan memahami kebutuhan air antara lahan satu dengan lahan yang lainnya.

“Kita harus saling berbagi masalah kebutuhan air untuk mengairi sawah pertanian kita. Bila perlu kita buat kesepakatan untuk jadwal pembagian pengairan tersebut, dengan begitu kita tidak akan saling berebut yang akan menimbulkan dampak pecahnya kerukunan warga” Kata Sutrisno.

Sutrisno menambahkan, dengan adanya jadwal pengairan tersebut, kita juga harus saling mengerti mana yang lebih utama atau lahan yang sangat membutuhkan pengairan, dengan seperti itu lahan pertanian tidak akan kering dan kerukunan begitupun warga akan tetap terjaga kerukunannya.

Pernyataan yang sama disampaikan oleh Suyanto (60) Kepala Dusun Jamus Kulon yang membenarkan akan diadakannya pembagian pengairan lahan pertanian.

“Kami seluruh warga sangat setuju dengan adanya arahan jadwal pembagian pengairan lahan pertanian tersebut, dengan seperti itu warga kususnya petani tidak akan berebut air yang dapat mempengaruhi kerukunan warga, selain itu lahan pertanian juga tetep akan terkelola dengan baik” papar Suyanto.

Ucapan terimaksih disampaikan oleh Kadus Jamus Kulon atas kepedulian anggota Korami Ngluwar yang telah memotivasi petani untuk tetap semangat dan optimis dalam mengelola lahan pertanianya walaupun sedang kemarau panjang.

“Kami seluruh warga sangat senang tentunya juga bangga terhadap anggota koramil yang sangat peduli terhadap kami sebagai warga binaannya, Dengan adanya pendampingan dan pemberian motivasi tersebut kami semua merasa sangat diperhatikan" Inbuh suyanto "(pendimmgl).
 
Top