N3 Limapuluh Kota - Nagari Limbanang di Kabupaten Limapuluh Kota, ditunjuk sebagai Nagari yang menjalankan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Nagari, tentu saja Program ini hadir untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Kepala UPTD Pelayanan Publik Pendapatan Provinsi Sumatera Barat di Kabupaten Limapuluh Kota Zulfahmi, S.Sos ketika ditemui wartawan di Kantornya, Senin (3/9) mengatakan untuk tahap awal, pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota ingin melakukan Program Samsat Nagari ini di Nagari Limbanang.

"Persiapan telah dilakukan, juga terkait dengan beberapa institusi, baik dari Nagari maupun Pemerintah Kabupaten, pada akhirnya ditunjuklah Nagari Limbanang sebagai tempat untuk Samsat Nagari di Kabupaten Limapuluh Kota, karena memang selain strategis, juga mudah di akses masyarakat," ujarnya.

Zulfahmi mengatakan dengan adanya Samsat Nagari di Limbanang, nantinya akan mampu untuk memberikan pelayanan yang cepat kepada masyarakat di Nagari maupun di Kecamatan lainnya di Kabupaten Limapuluh Kota.

"Masyarakat dari Kecamatan Suliki, Gunuang Omeh, Bukik Barisan, serta Guguak nanti tidak perlu jauh-jauh lagi ke Sarilamak untuk bayar pajak kendaraan bermotornya, karena bisa langsung di layani di Kantor Walinagari Limbanang," ujarnya mantap.

Ketika ditanyakan apa saja fasilitas pelayanan yang ada di Samsat Nagari, Zulfahmi menyebutkan UPTD menyediakan jaringan, listrik, fasilitas perangkat IT, serta personil untuk pelayanan, dan sisanya untuk tempat sepenuhnya memanfaatkan kantor walinagari sendiri, maka dari itu lahirlah Samsat Nagari..

"Dalam persiapan untuk listrik dan tempat 80% sudah memadai, dan pelayanan sudah bisa dilaksanakan, kita tinggal menunggu kunjungan tim Provinsi pada 7 September 2018 nanti, akan hadir Ditlantas Polda Sumbar, Bank Nagari, BKD Bidang Pajak dengan UPTD Sistem Informasi, serta Jasa Raharja untuk melihat persiapan samsat Nagari di Limbanang," tambahnya.

Zulfahmi juga menambahkan setelah Samsat Nagari siap sedia, maka Samsat Keliling nantinya akan di Prioritaskan kepada Nagari lain, agar pelayanannya lebih tepat guna lagi.(Rahmat Sitepu)
 
Top