Padang - Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum atau SPBU Nomor 14.251.519 itu terletak di Jalan Sawahan, tak jauh dari Gedung DPRD Kota Padang. SPBU itu terbakar Jumat (21/9/2018), sekitar pukul 14.50 WIB. Belum diketahui penyebab SPBU tersebut terbakar.

Api diperkirakan berasal dari sebuah angkutan kota (angkot) yang sedang mengisi bahan bakar jenis premium. Berbagai spekulasi muncul akibat sopir angkot merokok sehingga memicu percikan api. Padahal setiap SPBU sudah dipajang larangan keras untuk tidak memicu kebakaran.

Namun kata Randi, salah seorang petugas SPBU, diduga terjadi gangguan kabel mobil di mesin, sehingga memunculkan percikan api. Dengan cepat, si jago merah menyambar dan menghanguskan seluruh pompa.

"Saya sedang di dalam. Saya lihat api sudah besar. Angkot itu terbakar. Semua panik karena tiap siang selalu berjubel kendaraan mengisi BBM terutama premium, " kata Randi, petugas SPBU.

Beberapa unit kendaraan pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi kejadian untuk memadamkan api. Hingga pukul 15.30 WIB, petugas berhasil  menjinakkan api.

Diketahui 1 unit angkot dan 1 unit motor hangus terbakar, yang tinggal hanya kerangka kendaraan saja. Berbagai spekulasi muncul sebagai penyebab kebakaran, namun pihak forensik Polda Sumbar, Polresta Padang dan Polsek Padang Timur kelihatan mengidentifikasi lokasi kebakaran. SS
 
Top