N3, Padang - Muhammad Alif Nurza, siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Padang berhasil sebagai juara I Lomba Melukis yang digelar oleh Korem 032/Wirabraja Tahun 2018, dengan hadiah tropi dan uang tunai Rp2 juta.

Dengan dinobatkan juara 1 lomba lukis yang bertemakan “Melalui Kemanunggalan TNI-Rakyat, Kita Perkokoh Kedaulatan NKRI”, Muhammad Ali Nurza ini akan mewakili Korem 032/Wbr untuk diperlombakan tingkat Kodam 1/Bukit Barisan di Medan Sumatera Utara nantinya.

“Saya tidak menyangka bisa menjadi juara, sebab lukisan peserta yang lain bagus-bagus, apalagi pesertanya juga banyak dari seniman tingkat umum,” ungkap siswa yang akrab dipanggil Alif ini penuh bangga, usai menerima hadiah di Gedung Sapta Marga Makorem 032Wbr, Kamis (6/9/2018).

Saat ditemui, Alif juga mengaku bahwa sejak usia 3,5 tahun sudah mulai melukis. Ia menekuni hobi melukis ini karena kebiasan yang dicontohkan orangtuanya sejak kecil. Pasalnya, orangtuanya sering memberikan kertas dan pensil untuk mainan ketika kecil.

“Waktu kecil, agar tidak menonton televisi orang tua saya lebih sering memberikan mainan kertas dan pensil untuk dicoret-coret, sehingga saya suka melukis,” sebut anak tunggal ini yang sedang mengenyam pendidikan SMAN 3 Padang ini.

Terkait keikutsertaan lomba yang digelar Korem 032/Wbr ini, Alif menyebutkan untuk menambah pengalaman. Selain itu, juga berpartisipasi dalam menyuarakan kiprah TNI dalam pembangunan tanah air selama ini, untuk diketahui publik melalui media lukis.

“Saya semangat mengikuti lomba ini karena TNI selama ini kiprahnya sangat banyak bagi masyarakat, dan melalui lukisan ini saya persembahkan ucapan terima kasih kepada TNI Khususnya Korem 032/Wbr,” ucap Ali yang ingin melanjutkan kuliah jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) di ITB Bandung ini.

Selain Muhammad Alif Nurza sebagai juara I mewakili Kodim 0312/Padang, disusul oleh Jolisal Hendra sebagai juara II dari Kodim 0308/Pariaman, dan Saki Kurnia juara III perwakilan Kodim 0310/Sijunjung.

Disamping itu, di lomba Karikatur juara I Oki Bagus Saputra mewakili kodim 0310/SSD, juara II ananda Nicola Amril dari Kodim 0305/Pasaman dan disusul oleh Wahyuni A. Yunas yang mewakili Kodim 0305/Pasaman.

Atas keberhasilan peserta ini, Pasi Komsos, Kapten Inf Suherman mengucapkan terima kasih kepada peserta atas partisipasinya dalam Komsos Kreatif Lomba Melukis dan Karikatur Korem 032/Wbr tahun 2018 ini. Ia menilai, kegiatan ini selain mencari bibit pelukis, juga sebagai wujud silaturahmi TNI dengan masyarakat.

“Lomba melukis dan karikatur ini memperebutkan piala dan uang tunai Rp9 juta, yakni juara I Rp 2 juta, juara II Rp 1,5 juta, dan juara III Rp 1 juta. Selamat kepada pemenang, bagi yang belum memang jangan berkecil hati, dan teruslah semangat dalam berkreatifitas,” pesannya.
Kemudian juri lomba, Yasrul Sami B menambahkan bahwa terpilihnya 6 orang ( 3 lukis dan 3 karikatur) pemenang lomba lukis dan Karikatur ini dengan alasan telah memenuhi syarat. Selain itu, karya keenam pemenang ini memiliki pesan, kraetifitas, ide, dan bentuk lukisan dan karikatur lebih bisa mewakili tema yang ditentukan panitia.

“Semua karya peserta bagus-bagus, hanya saja ada yang tidak memenuhi syarat, terutama terkait ukuran yang telah ditentukan,” pungkas Yasrul. (ry)
 
Top