Polres - Kodim Magelang Siap Kawal Pemilu Serentak 2019


N3, Magelang - Ratusan personel gabungan terlibat dalam kegiatan Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota ) yang digelar Polres Magelang, Rabu (19/09).

Kegiatan diawali dengan apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata Candi 2018 di Lapangan drh. Supardi Kota Mungkid. Pada kesempatan tersebut Kapolres Magelang AKBP Hari Purnomo, Dandim 0705/Magelang Letkol Arm Kukuh Dwi Antono berserta tamu undangan melaksanakan pengecekan kesiapan pasukan dan sarana pendukungnya.

Apel yang bertajuk “Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Candi 2018 Kita Tingkatkan Sinergi Polri Dengan Instansi Terkait Dalam Rangka Mewujudkan Kamdagri Yang Kondusif”. Hal ini guna persiapan dalam pengamanan Pemilu 2019.

Turut hadir dalam undangan jajaran Forkompinda Kabupaten Magelang PJ Sekda Kabupaten Magelang, Kepala Dinas Terkait, Perwakilan Anggota Dewan dan Pimpinan Partai Politik. Mereka bersama Kapolres Magelang melakukan pemeriksaan kesiapan peserta apel dan melakukan penyematan tanda operasi Mantap Brata Candi 2018.

AKBP Hari Purnomo membacakan amanat dari Kapolri terkait pengamanan Pemilu 2019. “Dimana di era demokrasi ini masyarakat akan menghadapi tahun politik, dan kita siap bersama TNI dan unsur lainnya untuk tetap menjaga kekondusifan,” katanya.

Mereka juga dihimbau untuk meningkatkan Soliditas dan sinergitas antara TNI, Polri dan instansi lainnya. “Terpenting kita TNI Polri selalu jaga netralitas , selalu hindari tindakan tindakan yang tidak netral, pro aktif di tengah tengah masyarakat untuk diteksi dini jika terjadi permasalahan sehingga bisa diupayakan pencegahan,” imbuhnya.

“Dan mari kita bersama mendorong semua unsur penyelenggara Pemilu hingga kepada masyarakat agar dalam Pesta Rakyat Demokrasi 2019 sesuai dengan UU berlaku, dan lakukan deklarasi pemilu damai di semua wilayah, dengan harapan semua kondusif dalam menjalankan Pemilu 2019,” tandasnya.

Sementara Dandim Letkol ARM Kukuh Dwi Antono menambahkan bahwa ini merupakan tugas dan tanggung jawab kita bersama untuk menjaga keamanan jalannya Pemilu 2019. “Keamanan yang akan kita jaga merupakan cerminan kekondusifan negara kita yang akan menjadi sorotan oleh negara lain,” pungkasnya. (Hbg)
Previous Post Next Post