MAGELANG --- Renang militer dasar merupakan kemampuan renang yang wajib dikuasai oleh seorang prajurit TNI AD, tidak terkecuali bagi prajurit yang bertugas di satuan kewilayahan.

Seperti halnya yang dilaksanakan oleh anggota Koramil 08/Pakis Kodim 0705/Magelang, melaksanakan latihan renang dasar dan renang militer di kolam renang Tirta Kencana Pisangan, Tegalrejo Kabupaten Magelang, Jum'at (28/9). 

Kegiatan latihan renang dasar dan renang militer ini merupakan bagian dari program pembinaan satuan yang dilaksanakan oleh Koramil 08/Pakis sebagai upaya membina dan meningkatkan kemampuan bagi seluruh prajurit anggota Koramil, dalam hal ini ketangkasan renang. 

Latihan renang militer jarak 50 meter tersebut dipimpin langsung oleh Danramil 08/Pakis Kapten Cpl Bambang Masrukin dan diikuti oleh seluruh anggota Koramil 08/Pakis.

Dengan dilaksanakan kegiatan latihan renang militer, diharapkan prajurit Koramil 08/Pakis dapat memelihara keterampilan, dan kemampuan seorang prajurit terhadap materi-materi dasar renang militer.

Sebagai Satkowil (Satuan Komando Kewilayahan) yang memiliki intensitas tugas dan kegiatan yang cukup tinggi perlu memanfaatkan program tersebut demi memelihara dan meningkatkan kemampuan aparat komando kewilayahan (Apkowil) Koramil 08/Pakis.

Danramail 08/Pakis Kapten Cpl Bamabng Masrukin mengatakan bahwa setiap prajurit TNI AD harus memiliki kemampuan renang militer dasar yang wajib dimiliki oleh setiap prajurit guna menunjang tugas-tugas yang akan datang.
 "Kegiatan semacam ini sangat bermanfaat bagi setiap anggota prajurit sebagai bentuk pemeliharaan kebugaran. Selain untuk memelihara kemampuan dan ketangkasan prajurit, kemampuan renang dasar adalah merupakan syarat yang sangat mutlak untuk dikuasai para prajurit dalam mengikuti seleksi sekolah maupun usul kenaikan pangkat (UKP),” kata Kapten Bambang.

Danramil 08/Pakis Kapten Cpl Bambang Masrukin saat memimpin latihan juga memberikan arahan dan menekankan kepada seluruh anggota agar melaksanakan latihan ini dengan sungguh-sungguh, penuh semangat dengan tidak meninggalkan ketentuan yang sudah ada, sehingga latihan dapat berjalan dengan aman, lancar dan hasil yang maksimal.    

''Laksanakan latihan ini dengan semaksimal mungkin, semua kegiatan latihan harus sesuai prosedur, agar hasil yang kita capai dapat memuaskan tanpa mengesampingkan faktor keamanan,'' pungkas Kapten Cpl Bambang Masrukin. (Pendim Mgl)
 
Top