N3, Magelang - Anggota Koramil 16 Srumbung  Kodim 0705/Magelang Sertu Nur Arifin melaksanakan kegiatan upaya khusus Pajale dengan melakukan pendampingan kepada petani dalam kegiatan penyiangan lahan jagung milik Sukir (47) yang terletak di Dusun Babatan Desa Polengan Kecamatan Srumbung, Selasa (12/7).

Bibit jagung yg ditanam di lahan seluas 900 m2 tersebut adalah jenis jagung putih lokal yang biasanya di jadikan pengganti beras saat musim kemarau dimana biasanya harga beras cenderung naik.

Jenis jagung putih lokal lebih berbobot dari jenis lain dengan catatan perawatannya bagus, selain itu penjualanya pun lebih gampang dipasaran dan juga enak dikonsumsi sendiri sebagai pengganti bahan pokok beras.

Kehadiran Babinsa yang turun langsung kesawah-sawah petani merupakan langkah nyata upaya aparat kewilayahan dalam mendukung program pemerintah untuk mewujudkan ketahanan pangan dengan terus berupaya meningkatkan produksi pertanian.

“Dengan kehadiran babinsa di lapangan dan membaur dengan para petani diharapkan dapat memberikan motifasi dan semangat kepada para petani” papar Nur Arifin.

Lebih Lanjut Arifin menjelaskan bahwa dengan adanya pendampingan oleh babinsa dan PPL yang turun langsung keladang petani, memberikan penyuluhan dan memotivasi para petani di harapkan dapat memberikan warna dan semangat baru dalam bercocok tanam.

Dengan adanya pendampingn, diharapkan para petani mampu dan mau memaksimalkan lahan-lahan mereka, meminij waktu tanam sehingga lahan menjadi lebih produktif dan hasil petanipun di harapkan dapat terus meningkat dari tahun ke tahun.(pendim)
 
Top