N3, Padang - Sesuai tugas, pokok dan fungsinya Inspektorat dalam melakukan pembinaan dan pengawasan  harus memiliki kompetensi dan profesionalisme. Di samping itu juga wajib memiliki dedikasi yang baik, sehingga dapat membantu kepala daerah sekaligus memberikan keyakinan bahwa urusan penyelenggaraan pemerintah telah berjalan dengan baik sesuai ketentuan.

Sementara berubahnya paradigma pengawasan membawa perubahan penting terhadap peran Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dalam mengawal jalannya proses tata kelola pemerintahan. Sehingga APIP diminta untuk selalu meningkatkan pengetahuan.

"Untuk itu,  kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) kali ini merupakan salah satu cara yang digunakan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang hal-hal starategis yang berkaitan dengan pendapatan asli daerah (PAD) dan teknis PAD itu sendiri disertai audit Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Puskesmas," tutur Asisten Administrasi Setda Kota Padang Didi Aryadi sewaktu mewakili Walikota Padang membuka Bimtek Audit Pendapatan dan Audit BLUD Puskesmas di Hotel Grand Inna Muara Padang, Rabu (26/9).

Diharapkannya, melalui Bimtek tersebut tentunya diharapkan seluruh peserta dapat memiliki pemahaman dan kemampuan dalam melakukan audit pendapatan dan audit BLUD Puskesmas dengan sebaik-baiknya. Sehingga dengan itu mendorong terciptanya penyelenggaraan pemerintahan daerah yang profesional, transparan, partisipatif dan akuntabel, serta mengaplikasikannya dalam menjalankan fungsi pengawasan dan pembinaan.

"Kepada bapak ibu narasumber dari  BPKP Perwakilan Provinsi Sumatera Barat, kami aturkan terima kasih yang memberikan materi kepada APIP kami. Saya berharap ke depan kegiatan ini akan tetap kita program dan ditingkatkan untuk menjadikan aparat pengawasan yang lebih profesional lagi," imbuh Didi  menekankan.

Kepala Inspektorat Kota Padang melalui Sekretaris Arfi Arnis menyebutkan, tujuan utama diselenggarakannya Bimtek ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kemampuan APIP. 

"Sehingga diharapkan mampu menerapkan hasil Bimtek ini dalam melakukan pembinaan, pengawasan dan pemeriksaan seoptimal mungkin. Sebagaimana narasumber dari BPKP Perwakilan Sumbar menyampaikan materi tentang audit pendapatan dan audit BLUD Puskesmas," tuturnya.

Peserta Bimtek ini ia menyebutkan, terdiri dari seluruh pejabat struktural dan pejabat fungsional tertentu di lingkungan Pemerintah Kota Padang. Yaitunya para auditor, Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan di Daerah (P2UPD), auditor kepegawaian serta fungsional umum di lingkungan Inspektorat Kota Padang. 

"Kegiatan ini dilangsungkan selama dua hari Rabu-Kamis (26-27/9)," terangnya. (th)
 
Top