LIPUTAN KHUSUS

N3 Payakumbuh - Kecamatan Lamposi Tigo Nagari (Latina) menjadi satu-satunya kecamatan yang mewakili Kota Payakumbuh dalam Penilaian Kecamatan tingkat Provinsi Sumatera Barat setelah sebelumnya menjadi Kecamatan Terbaik di tingkat Kota Payakumbuh.


Pada 2017 lalu, Kecamatan Latina menjadi kandidat 6 besar, bahkan untuk 2018 juga kembali menjadi 6 besar di Provinsi. Hal ini disampaikan oleh Camat Latina David Bakhri, S.STP, M.Si kepada wartawan usai rapat persiapan untuk menyambut tim penilai dari provinsi, Kamis (6/9).


David Bakhri, S.STP, M.Si mengatakan karena pada tahun kamaren (2017-red) belum bisa menggapai posisi 3 besar, maka pada tahun 2018 ini, target Kecamatan Latina harus bisa masuk ke 3 besar, dengan memperhatikan kekurangan apa yang terdapat pada tiga bidang kategori penilaian yang dimiliki Kecamatan Latina.


"Terdapat tiga bidang yang menjadi kategori penilaian, yaitu pemerintahan, pemberdayaan masyarakat, dan pelayanan publik, maka kita akan mengevaluasi satu-persatu dimana letak kekurangan kita pada tahun kemaren dan membuatnya lebih baik nanti ketika di nilai tim dari provinsi," ujarnya.


Camat Latina ini juga mengatakan hal yang paling menonjol dimiliki Kecamatannya yaitu adanya Lembaga Kesejahteraan Sosial Peti Bunian Lamposi yang kuat dan saling bersinergi. Baik dalam masyarakat yang tinggal di Latina sendiri maupun yang ada di perantauan.


"Sinergi ini memberikan efek positif kepada masyarakat dengan adanya bantuan-bantuan yang kita terima dari dalam maupun dari luar yang nanti akan disalurkan kepada masyarakat dengan tepat dan terukur," ujarnya mantap.


"Dibidang Pelayanan Publik, kita sudah melakukan beberapa perubahan didalam tatanan meja pelayanan di pintu depan kantor. Walaupun dengan entri yang sempit, kita pastikan masyarakat dapat terlayani dengan cepat dan efisiensi kinerja pegawai menjadi lebih fokus untuk menghemat waktu masyarakat yang umumnya berasal dari kalangan petani," tambahnya


Dihadapan Tim Penilai Dari Provinsi
Di bidang pemerintahan, Camat Muda yang sudah 3 tahun menjabat ini melaksanakan koordinasi apik dengan Stockholder yang ada, baik dengan pemerintahan di tingkat Kelurahan, RW serta RT juga tidak luput dari perhatiannya.


"Kita lebih mementingkan untuk memakai sistem kekeluargaan dengan semua stockholder pemerintahan, bukan sistem komando, dengan tetap menjaga keseriusan kita didalamnya, tetap Profesional dalam melaksanakan pendekatan secara subjektif dengan masyarakat melalui Media Sosial Grup Chat W.A Kecamatan Latina, karena memang lebih efektif dan cepat dalam menyampaikan informasi seputar pembangunan daerah," pungkasnya. (Rahmat Sitepu)
 
Top