N3, Magelang - Babinsa Koramil Secang Kodim 0705/Magelang bersama penyuluh pertanian dan petani serta warga melakukan perburuan tikus, Rabu 26/09/18.

Kegiatan ini sebagai wujud kepedulian bersama dalam mendukung progtam ketahanan pangan di wilayah Kodim Magelang, khususnya wilayah Koramil 05 Secang. Kegiatan pembasmian hama tikus ini dilakukan oleh Babinsa Koramil 05/Secang bersama masyarakat Desa Jambewangi, Secang dalam rangka pengendalian hama tikus, agar dapat mengurangi dampak serangan hama tikus pada lahan pertanian milik warga.

Sebelum kegiatan dilaksanakan, para petani diberikan sosialisasi bagaimana caranya berburu hama tikus menggunakan obat hama yang dibakar dan dimasukkan dalam lubang tikus yang ada di persawahan.

Menurut Serda Trimulyono, Babinsa desa Jambewangi kegiatan berburu hama tikus tersebut sebagai upaya untuk mengurangi serangan sejumlah hama padi, khususnya tikus.

 “Karena serangan hama tikus hampir setiap musim tanam, yang terjadi saat-saat beberapa hari lagi padi akan dipanen,” ungkapnya.

Tentunya, kata dia, apa yang mereka lakukan ini merupakan salah satu dari beragam cara memberantas hama di sawah bagi para petani, selain dengan membunuh hama lewat bahan kimia. “Yang jelas cara ini alami serta bisa menumbuhkan rasa kebersamaan dan kegotongroyongan,” katanya di sela-sela kegiatan memburu tikus.

Sementara itu, Danramil Secang Kapten Arm Suryo Wibowo menjelaskan bahwa keterlibatan prajurit kewilayahan dalam kegiatan perburuan hama tikus tersebut sebagai upaya membantu petani dalam membasmi hama. Apa yang mereka lakukan tersebut, menurutnya, merupakan pendampingan terhadap petani, sebagai tindak lanjut dari kesepakatan kerjasama TNI AD dengan Kementerian Pertanian dalam upaya peningkatan ketahanan pangan.
  
“Kegiatan ini merupakan wujud gotong royong antara TNI AD dan para petani dalam mensukseskan program ketahanan pangan pemerintah dan mudah-mudahan akan membuahkan hasil yang maksimal," ujar Danramil. (Hbg)
 
Top