N3, Sarolangun ~ Badan  Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jambi bersama Bawaslu Kabupaten Sarolangun gelar sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif. Hal ini dilaksanakan sebagai upaya mengajak keterlibatan seluruh elemen masyarakat terlibat dalam rangka pengawasan jalannya proses Pemilihan Umum (Pemilu) serentak Tahun 2019,bertempat di Aula Kantor Bappeda, Kamis (20/9/2018).

Anggota Bawaslu Provinsi Jambi, Kordiv Penindakan Pelanggaran,Wen Arifin,S.IP,M.IP yang membuka acara tersebut menyebutkan,tujuan dari kegiatan ini untuk mengakomodir peran serta masyarakat luas dalam mengawasi penyelenggaraan pemilihan umum.

“Terbitnya undang-undang Nomor 7 tahun 2017 memberi warna baru dalam penyelenggaraan pemilihan umum di Indonesia yaitu dengan pelibatan masyarakat secara partisipatif dalam pengawasan pemilihan umum sesuai dengan jargon Pemilihan Umum Republik Indonesia yakni bersama rakyat awasi pemilu, bersama Bawaslu tegakkan keadilan pemilu,"ujarnya.

Peran dari semua elemen masyarakat sangat diharapkan dalam rangka pengawasan jalannya proses pemilu. Termasuk pemilu yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini, yakni Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD dan DPRD serta Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019.Dengan harapan Proses demokrasi yang akan dilaksanakan berjalan sesuai dengan prinsip demokrasi, agar pemilu semakin berkualitas.

“Peran dari semua elemen masyarakat sangat diharapkan dalam rangka pengawasan jalannya proses pemilu.Dengan harapan Proses demokrasi yang akan dilaksanakan berjalan sesuai dengan prinsip demokrasi, agar pemilu semakin berkualitas,” kata Wen Arifin.

Dalam sosialisasi ini melibatkan berbagai elemen, mulai dari organisasi kemasyarakatan, Lembaga Swadaya Masyarakat, organisasi keagamaan, organisasi pemuda dan pemilih pemula,serta elemen masyarakat lainnya.  (SRF)
 
Top