N3 Payakumbuh - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Payakumbuh menggelar Pelatihan Tenaga Fasilitator Perencana di tingkat Kelurahan yang bertempat di Aula Dinas PUPR Kota Payakumbuh selama dua hari, 18 hingga 19 September 2018.

Peserta yang hadir merupakan Fasilitator terpilih dari tiap kelurahan yang ada di Kota Payakumbuh. Sebagai narasumber Bappeda, Badan Keuangan Daerah, serta Dinas PUPR Kota Payakumbuh

Sekretaris Bappeda Kota Payakumbuh Nalfira, S.Pd, M.Se mengatakan untuk membangun Kota Payakumbuh dibutuhkan pekerja yang sebenarnya, yaitu orang yang benar-benar memiliki pandangan untuk membangun daerahnya. Fasilitator yang ditunjuk kelurahan adalah orang-orang yang faham tentang bagaimana kondisi daerahnya.

"Pembangunan daerah yang dilaksanakan pemerintah, tak lepas dari peran fasilitator kelurahan, untuk memberikan bekal kepada fasilitator baru, dan mengevaluasi bersama fasilitator yang lama," ujarnya.

Salah satu peserta yang hadir Asrinaldi (49) dari Kelurahan Pakan Sinayan mengatakan dalam acara ini, masyarakat bisa menyampaikan langsung apa yang menjadi uneg-uneg di kelurahan dengan forum diskusi, dan semakin banyak usulan brilian yang dapat ditampung pemerintah.

"Kita dituntut untuk menjadi cerdas, bagaimana pemerintah menanggapi usulan-usulan pembangunan yang diterima dan usulan yang di ditolak," pungkasnya. (Rahmat Sitepu)

 
Top