N3, Magelang - Babinsa Desa Bligo Serda mujiyono melaksanakan kegiatan pendampingan sosialisasi dan pengambilan sempel ternak serta pengobatan hewan ternak yang laksanakan oleh Dinas Peternakan Provinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Magelang yang di laksanakan di Dusun Cabean dan Dusun Curah Desa Bligo.selasa (25-9).


Kegiatan sosialisasi dan pengobatan hewan ternak ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang perawatan dan pemeliharaan hewan ternak dengan baik dan benar.selain itu juga untuk memberikan wawasan tentang kebersihan kandang suapaya tidak mengganggu lingkungan sekitarnya.


Bambang priyo santoso SST dari dinas peternakan provinsi mengatakan,sosialisasi tersebut diadakan di setiap desa di Jawa Tengah, sosialisasi ini sangatlah perlu dan penting untuk di berikan kepada seluruh peternak hewan.


“Selain untuk mengetahui bagaiman cara perawatan hewan ternak dan bagaimana beternak yang baik, kami tim dari dinas provinsi juga memberikan pengobatan gratis untuk hewan ternak di desa bligo” paparnya.


Bambang priyo santoso juga mengatakan, cara beternak yang baik itu tidak hanya meberikan makanan yang bagus untuk hewan ternak tetapi juga faktor kandang yang memenuhi syarat. Kandang harus selalu dijaga kebersihannya, kewajiban peternak setiap pagi dan sore harus rajin membersihkan kotoran hewan yang ada di dalam kandang.


“Kebersihan kandan juga merupakan salah satu faktor penting untuk kesehatan pada hewan ternak tersebut” pungkasnya.


Sementara itu Mujiyono anggota Koramil 18/Ngluwar yang merupakan Babinsa wilayah Desa Bligo menambahkan, kami dari koramil juga akan selalu membantu dinas peternakan untuk memantau dan memberikan penakanan kepada warga khususnya yang mempunyai hewan ternak supaya selalu menjaga dan membersihkan kandang ternaknya.


“Selain untuk kesehatan hewan ternaknya, menjaga kebersihan kandang tentu sangat penting agar tidak menimbulkan polusi yang dan bau tidak sedap yang bisa mengganggu masyarakat atau lingkungan sekitar” kata Mujiono.


Sukiyanto (50) Kadus Dusun Cabean yang turut mendampingi kegiatan tersebut mengatakan bahwa dirinya mewakili warga Dusun Cabean sangat berterimakasih kepada seluruh anggota dari Dinas Peternakan baik dari Provinsi maupun dari Kabupaten Magelang yang telah memberikan sosialisasi tentang cara beternak yang baik,dan juga atas pemberian pengobatan gratis kepada hewan ternak yang ada di dusun kami.


"Tentunya kami seluruh warga masyarakat sangat senang dengan di adakannya sosialisasi tersebut. Selain ucapan terimakasih kami atas pemberian sosialisasi dari dinas provinsi dan kabupaten,kami juga mengucapkan terimakasih dan rasa bangga kami kepada Babinsa Desa Bligo yang selalu aktif dan selalu memberikan motivasi serta dukungan di segala kegiatan yang ada di Desa Bligo” imbuh Sukiyanto. (pendim)
 
Top