N3 Payakumbuh -  Peringatan Hari Pramuka Ke-57 Tingkat Kota Payakumbuh diperingati melalui sebuah upacara bendera. Bertindak selaku Inspektur upacara (Irup), Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz. Upacara berlangsung di Lapangan GOR Kubu Gadang, Kelurahan Tiakar Kecamatan Payakumbuh Timur pada Minggu (26/8)

Peringatan Hari Pramuka ke-57 dengan tema "Pramuka Pekat NKRI" tersebut diserangkaian dengan dua kegiatan lain, yaitu, Kemah Hari Pramuka (KHP) Ke-8 dan Lomba Best of The Best Batiah Scouting Competition (BOBB) Ke-12 tahun 2018. Kegiatan berlangsung selama 4 (empat) hari, 25 s/d 28 Agustus 2018.

Dalam laporan, Ketua Panitia Kegiatan, Anwida mengatakan KHP Ke-8 dan BOBB Ke-12 merupakan kegiatan perkemahan dan lomba. Kegiatan ini menjadi sarana dan wadah pendidikan strategis untuk pengembangan wawasan, memupuk jiwa persatuan dan kesatuan serta latihan kepemimpinan bagi pramuka sebagai kader pembaharuan bangsa masa depan.

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian, kepemimpinan, keterampilan,  persatuan dan kesatuan pramuka di Kota Payakumbuh serta memiliki komitmen terhadap penghayatan dan pengamalan kode kehormatan pramuka," ujar Anwida.

"Peserta kegiatan ini secara keseluruhan termasuk Pembina,  Pendamping, Pimpinan Kontingen lebih kurang 1.127 orang dari 48 gugus depan yang berpangkalan di SD, SLTP dan SLTA di Kota Payakumbuh," tambah Anwida didampingi Sekretaris Kwartir Cabang  (Kwarcab) GP Kota Payakumbuh, Iwan.

Pada kesempatan itu, Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka (Kwarnas GP), Adhyaksa Dault. Dikatakan, GP yang dibentuk oleh Presiden Soekarno melalui Keputusan Presiden No. 238 tahun 1961 ditujukan untuk membina dan memantapkan karakter kaum muda Indonesia.

"Dalam konteks Indonesia, Gerakan Pramuka menjadi 'rumah kita bersama',  dan itulah harapan bangsa ini kepada gerakan pramuka," ujar Ketua Kwarnas GP seperti dibacakan Wawako, Erwin Yunaz.

Wawako sendiri saat dimintai keterangan pasca pelaksanaan upacara menaruh harapan besar kepada pengurus dan anggota pramuka di Kota Payakumbuh. Menurutnya, pramuka menjadi salah satu wadah membentuk generasi tangguh masa depan yang memiliki kedisiplinan.

"Pramuka merupakan wadah membentuk calon-calon pemimpin masa depan yang memiliki kedisiplinan yang kuat. Sebab nilai-nilai yang diajarkan dalam pramuka membentuk anggotanya untuk bisa memiliki karakter demikian, sebagaimana tujuan awal pembentukan pramuka itu sendiri," ujar Erwin.

"Kita berharap melalui pramuka akan lahir pemimpin masa depan yang berkualitas, tidak hanya skala Payakumbuh, tapi juga propinsi bahkan skala nasional dan internasional, InsyaaAllah," harap Wawako Erwin.

Pada kesempatan itu, Wawako turut menyematkan sejumlah tanda penghargaan kepada beberapa jajaran pembina dan anggota pramuka yang berprestasi. Diantaranya, Lencana Melati kepada Kakak Anwida sebagai Andalas Cabang Urusan Pembinaan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Putri.

Wawako juga menyerahkan piagam penghargaan yang diterima anggota Kwarcab GP Kota Payakumbuh sebagai utusan Sumatera Barat pada Lomba Gugus Depan Unggul dan Festival Penggalang Ceria Sekolah Dasar Tingkat Nasional tahun 2018 yang berlangsung pada puncak peringatan Hari Pramuka Ke-57 tingkat nasional beberapa waktu lalu.(rel)

 
Top