Payakumbuh - Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz kembali membangun jembatan hati dengan warga Payakumbuh melalui Gerakan Subuh Berjamaah (GSB). Minggu (26/8) Subuh, Erwin menyambangi Masjid Muhsinin Kelurahan Tiakar Kecamatan Payakumbuh Timur untuk Sholat Subuh berjamaah dan bersilaturahmi dengan jamaah masjid.

Tidak sendiri, Erwin hadir didampingi Kadis Kesehatan, Elzadaswarman yang juga warga setempat dan Kabag Kesra, Ul Fakhri serta Ajudan Altoyo. Turut hadir, Camat Payakumbuh Timur, L. Kefrinasdi beserta Lurah Tiakar, Bobby.

Dalam sambutannya pasca sholat berjamaah, Wawako Erwin menyampaikan, dirinya sengaja menjalin komunikasi dengan warga dari masjid ke masjid untuk merekatkan kembali Sunnah berjamaah. Dirinya gembira, dari hari ke hari, jumlah jamaah Sholat Subuh yang ditemuinya semakin banyak.

"Kalaulah seramai ini jamaah Subuh disetiap masjid di Kota Payakumbuh, maka daerah kita akan segera maju dan sejahtera. Dari masjid ini akan muncul kesepakatan-kesepakatan yang menentukan arah pembangunan dan arah pemerintahan kedepan," ujar suami Machdalena Ini. 

Dikatakan, sebetulnya ummat (umat Islam-red) punya potensi kuat untuk menentukan arah bangsa. Sayang,  kekuatan itu belum terasa karena kurangnya rasa persatuan dikalangan umat itu sendiri.

"Sebetulnya kita (umat Islam-red) kuat. Kita bisa menentukan siapa wakil kita di parlemen, menentukan siapa kepala daerah bahkan kepala negara, asalkan bersatu. Nilai persatuan itu telah diajarkan di masjid, ketika imam memimpin sholat berjamaah. Imam minta syaf diluruskan dan dirapatkan, maka kita semua mematuhinya," terang Erwin.

Dijelaskan, kalaulah nilai-nilai tersebut bisa ditetapkan dalam kehidupan diluar masjid, maka umat Islam akan berjaya. Islam bisa menentukan dan menjadi rahmat bagi seluruh alam. Erwin mengajak agar masjid dijadikan basis perubahan dan pusat kegiatan masyarakat.

"Zaman Rasulullah, masjid digunakan untuk menjalankan roda pemerintahan, berbicara perekonomian negara, bahkan mengatur strategi perang. Itu semua dimulai dari masjid. Maka mari fungsikan masjid ini sebagai pusat perkembangan masyarakat," ajaknya. 
Wawako Erwin menghimbau agar pengurus masjid mendekatkan masyarakat khususnya generasi muda dan anak-anak melalui pengadaan sarana permainan dilingkungan masjid. Menurutnya, adanya sarana tersebut akan menjadi langkah awal meramaikan dan memakmurkan masjid.

"Biarlah masjid ini ramai dengan hiruk pikuk anak-anak kita. Kita sediakan tempat khusus. Nanti saat waktu sholat masuk, kita tinggal ajak mereka untuk bersama-sama sholat berjamaah, sehingga jamaah sholatpun akan bertambah ramai," ujar Erwin.

Bersama Walikota Riza Falepi, Erwin mengaku siap mendukung berbagai kegiatan masyarakat dalam rangka program kembali ke masjid.

"Mari kita makmurkan masjid-masjid kita. Selaku pemerintah, kami siap mendukung dan membantu menyukseskan program-program keagamaan di Payakumbuh,  termasuk kegiatan Subuh berjamaah ini," pungkas Wawako Erwin Yunaz.

Kegiatan GSB di Masjid Muhsinin, Tiakar sendiri dihadiri banyak jamaah. Selain sambutan Wakil Walikota, GSB juga diisi dengan penyampaian tausyiah oleh Ust.Hidayatullah dari Bukittinggi. (Rahmat Sitepu/rel)

 
Top