N3, Pasaman - TMMD ke 102 Kodim 0305/Pasaman bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Pasaman Barat  menggelar kegiatan Non Fisik Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Dilapangan Bola Kaki Rojang Jorong Situak Barat Nagari Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Kamis (02/7)

Sebelum melaksanakan Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di adakan Senam Massal yang di Ikuti Ratusan Masyarakat dan diikuti Dandim 0305/Pasaman, Setda pasaman barat, Kadis kesehatan pasaman Barat,  Camat Lembah Melintang, Kepala UPTD kecamatan Lembah melintang, Kapolsek Lembah Melintang, Kepala Puskesmas Lembah Melintang, Wali Nagari Ujung Gading, Pejabat Wali Nagari Persiapan Situak, Kepala Jorong Situak Barat, Tokoh agama, tokoh daerah, tokoh masyarakat Situak Barat.

Dalam Sosialisasi Gerakan masyarakat Hidup Sehat (Germas) Kepala Dinas Kesehatan Pasaman Barat, Haryunidra, mengatakan Bahwa Gerakan Masyarakat Hidup Sehat harus kita jalani, dengan Hidup Sehat Pasaman Barat Kuat.

"Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) ini akan merobah perilaku masyarakat yang sangat bagus"

"Dengan ada TMMD ke 102 Kodim 0305/Pasaman, tampak perubahan perubahan yang bagus terhadap masyarakat Situak Barat, TNI mengajarkan menjaga kebersihan kepada masyarakat dengan Bergontong royong membersihkan Segala sektor, ini akan berdampak kepada masyarakat dengan pola hidup Bersih".

Dengan Kebersihan Masyarakat yang sebelumnya sering sakit, sekarang jarang sakit karena membiasakan Pola lingkungan Hidup Bersih"

Lebih Lanjut Dikatanya Kadiskes, "Germas di fokus pada kegiatan kegiatan masyarakat, yang pertama Aktivitas fisik senam bersama sama, seperti yang kita laksanakan tadi, kami mengharap kepada sekolah sekolah dipasaman Barat biasakan senam setiap pagi sebelum memulai aktivitas belajar"

"kedua Biasakan Mengkosumsi sayur buah, ketiga Biasakan Memeriksakan kesehatan secara berkala minimal sekali dalam enam bulan, keempat Biasakan tidak merokok, kelima menggunakan Jamban Sehat".Jelasnya Kadiskes.

"Akses jamban sehat sangat kurang sama masyarakat, bapat Bupati pasaman Barat sudah mencanangkan 1000 jamban sehat untuk masyarakat, ini bisa membuat masyarakat Pasaman Barat hidup lebih Sehat".Ungkapnya.

Di akhir Sosialisasi Gerakan Masyarakat hidup sehat (Germas) perwakilan dari Siswa Ampar Rizky dari SMP N 5 Lembah melintang Membacakan Ikrar komitmen Generasi Muda Germas
1. Melaksanakan aktivitas Fisik 30 menit setiap hari
2. Memakan buah dan sayur setiap hari
3. Memeriksa kesehatan secara Berkala
4. Menggunakan jamban sehat
5. Melenyapkan Asap Rokok.
Budayakan Gerakan Masyarakat hidup Sehat Generasi Muda.(Penrem 032/Wbr)
 
Top