N3, Pasaman Barat - Akhirnya, kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Jorong Sintuak Barat, Nagari Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat yang berlangsung dari 10 Juli hingga 8 Agustus 2018 usai sudah.

Upacara penutupan TMMD di hadiri langsung oleh Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Mirza agus, S.I.P, yang bertindak sebagai inspektur upacara dalam penutupan TMMD yang ke - 102.

Penutupan TMMD turut dihadiri oleh Bupati Pasaman Barat Drs. Syahirin MM, Kadispotmal Lantamal II Padang Kol.(Laut) Sumarto, Forkopimda Pasaman Barat, Kapolda Sumbar yang diwakili Kompol Suharna, serta kepala dinas di Kabupaten Pasaman Barat.

Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Mirza agus, S.I.P dalam pidatonya menyampaikan bahwa pembangunan wilayah desa merupakan salah satu realisasi dari kebijakan nasional yang merupakan salah satu nawacita dalam mewujudkan pembangunan Indonesia dari pinggiran.

"Salah satu dukungan TNI dalam pembangunan dengan melaksanakn kegiatan TMMD yang berlangsung selama 30 hari yang pada saat ini telah dilaksanakan di Jorong Situak Barat, Nagari Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat." Ucapnya.

Mirza Agus menambahkan juga bahwa TMMD yang berlangsung sebanyak tiga kali dalam setahun bertujuan untuk menciptakan kembali semangat gotong royong, cinta tanah air, memupuk wawasan kebangsaan serta ketahanan nasional yang berguna untuk menjaga keutuhan NKRI kepada masyarakat, khususnya generasi milenial.

"Seiring kemajuan teknologi, membangun karakter milenial harus dibangun untuk menjadikan generasi muda yang kreatif, aktif, inivatif dan berjiwa nasionalis yang kuat." Paparnya.

Bupati Pasaman Barat Drs. Syahirin MM, dalam pidatonya mengucapkan terima kasih atas berlangsungnya TMMD di Jorong Sintuak Barat, Nagari Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat. Bupati menyatakan bahwa kehadiran TMMD diharapkan dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.

"Daerah ini sangat terpencil di Pasaman Barat, yang jarang di kunjungi oleh bupati maupun pejabat-pejabat lainnya di Pasaman Barat. Dengan kinerja dari TMMD di harapkan transportasi yang menjadi kendala di daerah ini, dapat di lalui dengan mudah sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat." Harapnya.

Drs. H. Ahmad Shahrin yqng merupakan salah seorang tokoh masyarakat di Jorong Situak Barat sangat bersyukur adanya kegiatan TMMD yang berlangsung di daerahnya. Menurut Ahmad, hadirnya TMMD memberikan kemudahan akses jalan yang selama ini menjadi kendala bagi masyarakat di Nagari Ujung Gading ini.

"Biasanya kami dengan akses jalan yang apa adanya memerlukan waktu dua jam lebih dari satu jorong ke jorong yang lain. Dengan kinerja TNI, akses jalan yang selama ini menjadi kendala dapat di tempuh selama 10 menit saja." ucapnya terbata-bata.

Dandim 0305/Pasaman Letkol Arh Pri Isdiyanto, SE., saat di temui menyatakan bahwa pengerjaan pembangunan fisik maupun non fisik dari TMMD ke-102 telah tuntas pada H-4.

"TMMD yang berlangsung di Jorong Sintuak Barat, Nagari Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat ini meliputi pelebaran jalan sepanjang 6,5 Km, dengan lebar 8-10 M, yang disertai pembuatan parit selebar 1 meter dengan kedalaman 1 meter sehingga memudahakan pemerintah jika suatu hari nanti melakukan pengembangan jalan." Ucapnya. 

Dandim menambahkan, selain pembangunan jalan, juga dilakukan pembuatan 43 unit jamban, pengecoran jalan ke tempat pemakaman umum yang terletak di Dusun Rojang dengan panjang 150 meter, lebar 1,5 meter dan dengan ketebalan 20 cm.

"Dengan jumlah satgas TMMD sebanyak 150 orang, kami juga melaksanakan rehab Mesjid Istigomah yang terletak di Jorong Rojang dan pembangunan dam air di Jorong Roba." Tambahnya.

Selain pembangunan fisik, TMMD yang berlangsung juga memberikan pengobatan gratis oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman Barat, pelayanan data kependudukan oleh dinas Duk Capil Pasaman Barat, pemberian bibit ikan, serta sosialisasi hukum dan narkoba oleh polres Pasaman Barat, dan pemberian wawasan kebangsaan yang diberikan langsung oleh TNI yang bertugas di TMMD.

Saat penutupan TMMD yang ke -102 ini Bupati Pasaman Barat Drs. Syahirin MM juga memberikan bantuan sebuah truk perintis dengan status pinjam pakai yang diperuntukan untuk kelancaran transportasi anak-anak sekolah.

"Dengan bantuan truk perintis saya berharap dapat mengakomodir transportasi anak-anak kesekolah, sehingga anak-anak tidak terlambat lagi kesekolah." ucap Bupati Pasaman Barat mengakhiri upacara.
 
Top