N3 Payakumbuh - Prestasi membanggakan kembali diraih oleh siswa SMP IT Insan Cendekia Boarding School (ICBS) Payakumbuh. Kali ini, siswa kelas 9 SMP IT ICBS, Fazil Arhanifsyah berhasil menjadi juara 1 dalam Kejuaraan Matematika tingkat SMP/MTs se-Sumbar yang digelar Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika, IAIN Bukittinggi, Kamis (30/8).

“Alhamdulillah, siswa kami kembali torehkan prestasi.  Ananda Fazil Arhanifsyah berhasil menjadi juara 1 dalam Kejuaraan Matematika tingkat Sumbar di Bukittinggi,” ujar Guru Matematika ICBS yang mendampingi Fazil, Ustaz Nur Arifin S. Pd, M. Si .

Ustaz Nur Arifin mengatakan, perjuangan Fazil menjadi yang terbaik di kejuaraan tersebut, telah melalui beberapa babak. Pada babak penyisihan dipilih 50 siswa terbaik dari 150 siswa yang ikut kejuaraan tersebut, untuk maju ke babak semifinal. “Pada babak semifinal dipilih lagi 5 siswa untuk maju ke babak final. Pada babak final didapatkan 3 siswa terbaik untuk menjadi juara. Alhamdulillah pada babak final Fazil meraih skor tertinggi yaitu 450,” ucapnya.

Menurut Ustaz Nur Arifin, kunci keberhasilan Fazil ada pada kesungguhan dan kegigihannya dalam menaklukkan setiap tantangan soal. “Dan yang paling penting, harus memiliki tingkat ketelitian yang tinggi dalam mengerjakan soal,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala SMP IT ICBS Payakumbuh Ustaz Eddi Rusydi Arrasyidi bersyukur dan turut bangga atas prestasi Fazil tersebut. “Alhamdulillah, selamat buat ananda Fazil. Semoga diberikan keberkahan atas ilmunya dan semangat terus untuk belajar,” ucapnya.

Di sisi lain, Ustaz Eddi mengatakan, prestasi Fazil membuktikan ICBS sebagai pesantren tidak hanya memberikan perhatian dalam ilmu keislaman namun juga unggul dalam bidang akademik. “ICBS selain sebagai sekolah tahfiz, sekolah akhlak, dan sekolah bahasa, juga merupakan sekolah sains dan teknologi. Sehingga perhatian terhadap pengembangan potensi siswa secara berjenjang terus dilakukan demi menerapkan visi ICBS, mewujudkan generasi cerdas, islami, mandiri, dan berprestasi,” tuturnya. (Rahmat Sitepu/rel)

 
Top