N3, Sarolangun ~ Peran serta atau kontribusi mahasiswa dalam kepemimpinan nasional sangat penting dalam menyelesaikan permasalahan yang muncul.Tentulah seorang pemimpin nasional tidak bekerja sendiri atau merumuskan suatu kebijakan hanya berdasarkan keinginannya sendiri.

Mahasiswa yang merupakan sekumpulan manusia intelektual yang akan bermetamorfosa menjadi penerus tombak estafet pembangunan di setiap negara, dengan intelegensinya diharapkan bisa mendobrak pilar-pilar keterpurukan suatu negara dalam mencari kesempurnaan kehidupan berbangsa dan bernegara , serta secara moril akan dituntut untuk dapat bertanggungjawab akademisnya dalam menghasilkan suatu karya yang dapat bermanfaat bagi kehidupan lingkungannya.

Hal ini diungkapakan oleh personel Sat Binmas Polres Sarolangun dalam penyuluhan di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Darul 'Umum Sarolangun, Jalinsum Km.18 Sarolangun-Bangko,Desa Tanjung Kecamatan Bathin VIII Sarolangun,Senin (13/8/2018).

Aiptu Khairul Anwar dan Brigadir Ogan.SB yang bertindak sebagai narasumber menyebutkan, tidak sepantasnyalah bila mahasiswa hanya mementingkan kebutuhan dirinya sendiri tanpa memberikan kontribusi terhadap bangsa dan negaranya. Mahasiswa itu sudah bukan siswa yang tugasnya hanya belajar, bukan pula rakyat, bukan pula pemerintah.

"Mahasiswa memiliki tempat tersendiri di lingkungan masyarakat, namun bukan berarti memisahkan diri dari masyarakat. Oleh karena itu perlu dirumuskan perihal peran, fungsi, dan posisi mahasiswa untuk menentukan arah perjuangan dan kontribusi mahasiswa tersebut,"Ucap Aiptu Khairul Anwar dalam arahannya.

Lebih lanjut Aiptu Khairul Anwar mengatakan,jika Mahasiswa sebagai agen dari suatu perubahan.Artinya apabila ada sesuatu yang terjadi di lingkungan sekitar dan itu dinilai menyalahi daripada yang seharusnya, mahasiswa dituntut untuk dapat merubahnya sesuai dengan harapan yang sesungguhnya. Sehingga pada akhirnya mahasiswa itu sendiri dapat menggunakan disiplin ilmu yang telah dipelajarinya dapat memberikan kontribusi berupa pemikiran – pemikiran yang lebih efektif dalam melaksanakan pembangunan indonesia untuk menjadi lebih maju di masa yang akan datang.

Selain memberikan bimbingan dan penyuluhan,acara ini juga sebagai ajang silaturahmi dengan ketua Panitia pelaksana Sospamaru,Arsanur Rahman,M.Pd ,Panitia pelaksana dan mahasiswa dan mahasiswi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Darul 'Umum dengan Sat Binmas Polres Sarolangun.   (SRF)
 
Top