N3 Payakumbuh - Ribuan warga beramai-ramai ke pusat Kota Payakumbuh. Dari tua muda, hingga anak-anak tak luput untuk mendatangi pusat tersebut. Tujuan mereka hanya satu, yaitu untuk melihat dan menonton karnaval alias pawai dalam rangka Hari Ulang Tahun RI ke 73 tahun. (18/8)

Sepanjang jalan yang dilalui peserta pawai tidak tersisih sedikitpun ruangan kosong, dipinggir jalan sudah berjejer warga yang berdesak-desakan. Dari pukul 08.00 Wib, berangsung-angsur warga untuk mendatangi pusat kota demi bisa menonton langsung alek tahunan tersebut.

Karnaval yang digelar oleh Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh itu, start dari gelanggang Kubu Gadang dan finish di jalan protokol pusat kota didepan tenda utama. Ada sekitar 2 kilometer jarak yang ditembuh peserta pawai. Sepanjang itu pula warga yang berjejer  kiri dan kanan pinggir jalan.  Panasnya hari, tidak dihiraukan warga demi menonton arak-arakan karnaval.

Pawai tahun ini, diikuti seluruh  sekolah se Kota Payakumbuh. Dari SD hingga SMA. Ada 120 penampilan pawai 2018 ini dengan total peserta karnaval hampir 3000 anak sekolah. “Ada 120 penampilan,”terang Agustion Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh beberapa hari sebelum digelarnya pawai Kemerdekaan  RI 73 tahun 2018. Dari 120 itu, 89 diantaranya merupakan penampilan drumband.

Berbagai kolaborasi, seni drumband dan keunggulan masing-masing sekolah ditampilkan kepada ribuan penonton. Ada sekolah dengan tampilan pakaian drumband memukau, ada seni drumband dalam menyanyikan lagu yang dibawakan dan ada juga sekolah dengan menambah alat musik lainnya untuk memperindah nada drumband yang ditampilkan.

Kemudian, sebanyak 31 tampilan lainnya merupakan alegoris  bertemakan kemerdekaan. Ada yang tampil sebagai tentara kemerdekaan, ada sebagai figur tokoh-tokoh dan pahlawan nasional,  ada juga sebagai figur presiden dari era tahun 1945 sampai saat ini. Dan ada juga menampilkan keahlian dimasing-masing sekolah peserta pawai. (Rahmat Sitepu)
 
Top