N3 Limapuluh Kota - Semangat menyambut HUT RI ke 73 di Nagari Lubuak Batinggkok sungguh luarbiasa. Tiga jorong bersatu untuk menciptakan arakan panjang Pawai Anak Nagari Lubuak Batingkok.

Menempuh rute sepanjang 3 Km dengan panjang arakan 1 km. Start dari jorong Tigo Balai melewati jorong Koto Tangah terus jorong Lubuak Batingkok, finish di kantor Walinagari Lubuak Batingkok.

Peserta dari seluruh elemen masyarakat diantaranya pelajar SD, SLTP, SLTA, Mahasiswa, Bundo Kanduang, Niniak Mamak, pemuda nagari Tigo Balai serta unsur lainnya.
Wali Nagari Lubuak Batingkok Yon Elvi Dt. Pangulu Bosa S.Ag mengatakan kepada wartawan bahwa peserta di himpun dari gabungan 3 Jorong yang ada di Kenagarian Lubuak Batingkok yaitunya jorong Tigo Balai, jorong Koto Tangah dan jorong Lubuak Batingkok.

Arakan Pawai Anak Nagari ini dikawal dari aparat Polres Limapuluh Kota  Bhabinkamtibmas Bripka Yori dibantu dari Bhabinkamtibmas Gurun Brigadir Zaiwirman. Sedangkan dari TNI Babinsa dari Koramil  05 Harau Kodim 0306/50 Kota Serda M.Mulyadi

"Alhamdulillah kegiatan ini sudah berjalan selama lima tahun dimana masyarakat dengan swadaya dan motivasi masyarakat sendiri tanpa memakai dana dari Nagari", ujar Yon Elvi.

Pada pawai kali ini di tampilkan arakan marching band, pawai masyarakat dengan kearifan lokal dari masing masing Sudut. 

Sudut adalah gabungan beberapa niniak mamak yang berbeda persukuan.

Masing masing Sudut menampilan arakannya masing masing seperti mengantar marapulai, mengantar asam, batagak pangulu dan lainnya.

Kepala Kecamatan Harau Andri Yasmen mengatakan bahwa sesuai dengan agenda PHBN kecamatan Harau. Berbagai kegiatan dalam menyambut HUT RI ke 73 diantaranya gerak jalan massal pada 15/08 dengan peserta dari semua unsur dari
Gurun, Koto Tuo, Harau, Lubuk Batingkok dan Taram.

"Kita melaksanakan koordinasi kegiatan tahunan ini antara PHBN kecamatan dengan masing masing nagari. Diharapkan kegiatan ini dari tahun ke tahun dapat dilaksanakan dengan partisipasi semua unsur dalam masyarakat", ujar Andri Yasmen.


Tokoh masyarakat putra nagari Lubuak Batingkok sekaligus ketua KAN Nurkhalis, S.Pt, Dt. Bijo Dirajo bacaleg DPRD Provinsi dari Partai Gerindra dan Fikri Hidayat, S.Sos bacaleg DPRD kabupaten Limapuluh Kota juga dari Partai Gerindra turut serta memeriahkan arak arakan pawai masyarakat ini.

"Dengan momen HUT RI ke 73 ini mari kita sama sama membangun daerah kita dalam bentuk senantiasa menjaga kearifan lokal. Dengan menjaga dan melestarikan adat budaya setempat sebagai bentuk kecintaan kita kepada cinta tanah air dan berbangsa Indonesia", ujar Nurkhalis, S.Pt, Dt. Bijo Dirajo. (Rahmat Sitepu)

 
Top