N3 Limapuluh Kota - Masyarakat Nagari Suayan melaksanakan Gotong royong memperbaiki saluran irigasi Ampang Baromban yang hancur karena terjangan longsor pada selasa malam 7 Agustus lalu.

Turut hadir pada Gotong Royong tersebut Marshal, B.Ac anggota DPRD kabupaten Limapuluh Kota dari Fraksi Partai Demokrat. (15/8)

Irigasi Ampang Baromban yang merupakan sumber air satu-satunya bagi masyarakat Suayan Pauh Sangik yang berasal dari Batang Air Baromban. Dari sini air  di alirkan ke 6 jorong dan 2 nagari serta menjadi sumber penting bagi masyarakat terutama, MCK, serta menyokong lahan pertanian bagi nagari Suayan dan nagari Pauh Sangik.

Dengan panjang 300 meter Irigasi Ampang Baromban yang selama ini menyokong kebutuhan masyararakat Suayan dan Pauh Sangik sejak tahun 1963 telah beberapa kali mengalami perbaikan. 

Pada pantauan lapangan irigasi Ampang Baromban ini berbentuk bak tutup sepanjang 100m di Lereng Ambacang Komba Ateh dan dilanjutkan dengan pipa besi sepanjang 200m lagi ke Pulau jorong Suayan Randah.

Almadinir Angku Rajo Ketua PPPA Nagari Suayan, mengatakan bahwa irigasi Ampang Baromban selama ini sangat menunjang untuk kebutuhan MCK serta lahan pertanian seluas 173 hektar dimulai dari Batang Suayan melalui Ambacang Komba, Mato Aia, Sawah Baruah, dan Baruah Padang. Serta mendukung kebutuhan
113 KK di Suayan dan
37 KK di Pauh Sangik

Pada waktu kerusakan yang terjadi pada Irigasi Ampang Baromban sudah ditinjau oleh Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Pertanian, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Limapuluh Kota beberapa waktu lalu.

"Kami mengharapkan perhatian pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota demi kelancaran masyarakat dalam memanfaatkan air dari irigasi ini dengan membangun model talang beton sehingga lebih lancar dalam penyaluran dan lebih mudah dalam perawatan", ujar Almadinir Angku Rajo. (Rahmat Sitepu)

 
Top