N3 Limapuluh Kota - Puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-25 Tingkat Kabupaten Limapuluh Kota berjalan lancar dan meriah. Peringatan Harganas yang diselenggarakan di Lapangan Sepakbola Tanjung Jati, Kecamatan Guguak tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Limapuluh Kota H. Irfendi Arbi, beberapa waktu yang lalu.

Dalam arahannya Bupati menyambut baik kegiatan peringatan Harganas tingkat Kabupaten ini. Dikatakannya bahwa peringatan Hari Keluarga Nasional yang diperingati tiap tahun ini hendaknya dapat meningkatkan komitmen dalam membangun keluarga dengan meningkatkan peran dan fungsi keluarga dalam mewujudkan keluarga yang berketahanan dan sejahtera. 

"Momentum Harganas ini pantas dijadikan sebagai wahana untuk merenung agar dapat memberi keyakinan bahwa fungsi keluarga merupakan salah satu jawaban terbaik untuk menjalani tantangan hidup kedepannya yang makin kompleks dan berliku,"ujarnya. 

Dikatakannya, pada Harganas ke 25 tahun 2018 ini ada empat konsep yang dilakukan untuk pendekatan keluarga, yaitu: Keluarga Berkumpul, Keluarga Berinteraksi, Keluarga Berdaya, terakhir Keluarga Peduli dan Berbagi. 

"Dengan menjalankan empat konsep pendekatan keluarga ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan peran masyarakat terhadap pentingnya keluarga kecil, bahagia dan sejahtera khususnya di daerah kita,"sambungnya. 

Selanjutnya, dengan semangat Harganas ke 25 ini Bupati juga menghimbau masyarakat Limapuluh Kota untuk mendukung dan mengikuti program keluarga berencana (KB) agar terciptanya keluarga yang harmonis dan sejahtera di Kabupaten Limapuluh Kota.

”Keluarga Berencana itu adalah keluarga yang mempunyai rencana untuk masa depan anggota keluarganya, oleh sebab itu mari kita masyarakat Limapuluh Kota, kita dukung program KB ini didaerah kita, selain itu keluarga harus selalu meneguhkan fungsi keluarga, diantaranya fungsi agama, kasuh sayang, perlindungan, ekonomi, sosial pendidikan, kesehatan reproduksi, sosial budaya, hingga kelestarian lingkungan,"himbaunya.

Dikesempatan itu Bupati juga menyampaikan rasa terimakasih kepada Dinas terkait dan masyarakat atas penghargaan yang diterimanya pada tanggal 6 Juli 2018 yang lalu yaitu Penghargaan Manggala Karya Kencana dari Presiden Republik Indonesia, sebagai penghargaan tertinggi yang diberikan Pemerintah Pusat atas keberhasilan pelaksanaan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Kabupaten Limapuluh Kota.

"Terimakasih yang tak terhingga kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras dalam meraih penghargaan ini, semoga prestasi ini dapat menjadikan kita untuk lebih baik kedepannya,"Pungkas Bupati. 

Sebelumnya, Plt Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Limapuluh Kota, Yenni Elvi selaku ketua panitia menyampaikan peringatan Harganas ke 25 tahun 2018 tingkat Kabupaten ini merupakan tindak lanjut dari Peringatan Harganas Nasional yang dirayakan tiap tahunnya pada tanggal 29 Juni. Dikatakannya Harganas ke-25 tahun 2018 ini mengusung tema "Hari Keluarga:Hari Kita Semua, Cinta Keluarga, Cinta Terencana". 

"Adapun maksud tema tersebut adalah, peringatan Hari Keluarga Nasional ini merupakan momentum untuk meningkatkan  kembali akan pentingnya keluarga sebagai tempat persemaian putra-putri kita dalam membangun karakter dan menanamkan nilai-nilai sosial budaya didalam keluarga,"ujarnya. 

Dikatakannya, peringatan Harganas ini juga bertujuan untuk meningkatkan peran serta pemerintah pusat dan pemerintah daerah, mitra kerja seta kader penggerak program KKBPK tentang pentingnya peranan 8 fungsi keluarga,guna mewujudkan pelembagaan keluarga kecil, bahagia dan sejahtera. 

Selanjutnya, dikesempatan itu Yenni Elvi selaku Plt Kepala DPPKBP3A Limapuluh Kota memohon pamit kepada Bupati, peserta Harganas, dan masyarakat sebab pada bulan Agustus 2018 ini beliau akan memasuki purna tugas sebagai  ASN di Limapuluh Kota. 

"Terimakasih atas segala bantuan baik moril maupun spirituil, saya yakin dan percaya beberapa prestasi yang telah kita raih dapat dipertahankan bahkan dapat ditingkatkan pada tahun-tahun yang akan datang, mohon maaf atas segala kesalahan dan kekhilafan saya selama bekerja l, semoga tali silaturahmi ini terus berlanjut,"ujarnya.

Sementara itu Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat, Syafruddin melalui Mardelana Wati Dahlia mengapresiasi pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota yang telah menyelenggarakan kegiatan Harganas tingkat Kabupaten ini. 

Dikesempatan itu dirinya juga mengucapkan selamat kepada Bupati Irfendi Arbi yang beberapa waktu lalu berhasil meraih penghargaan Manggala Karya Kencana dari Presiden Republik Indonesia, sebagai penghargaan tertinggi yang diberikan Pemerintah Pusat atas keberhasilan pelaksanaan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di daerah yang ia pimpin. 

"Terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kami ucapkan kepada Bapak Bupati Irfendi Arbi beserta jajaran, mitra kerja dan institusi terkait lainnya atas terlaksananya puncak peringatan Hari Keluarga Nasional ke 25 ini di Kabupaten Limapuluh Kota. Serta saya mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota yang telah turut aktif dan mendukung program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga selama ini di Kabupaten Limapuluh Kota,"ujarnya. 

Selanjutnya, pada momentum Harganas ini dirinya mengingatkan masyarakat akan pentingnya keluarga sebagai tempat persemaian putra-putri dalam membangun karakter. 

"Momentum Harganas ini harus kita gunakan sebagai langkah nyata dalam mewujudkan keluarga yang berketahanan, karena keluarga merupakan tempat berkumpul bagi anggota keluarga, saling berinteraksi, tempat perlindungan yang paling aman. Untuk itu mari kita mewujudkan empat konsep pendekatan keluarga pada keluarga kita,"ucapnya. 

Dalam acara Puncak Harganas Tingkat Kabupaten tersebut Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota melalui Dinas DPPKBP3A Limapuluh Kota juga memberikan beberapa penghargaan kepada Camat, Wali Nagari, PKB teladan atas prestasi dan komitmen serta kepemimpinannya dalam menggerakkan program kependudukan, keluarga berencana dan Pembangunan keluarga kecil bahagia sejahtera dan penyerahan penghargaan tersebut langsung diserahkan oleh Bupati Irfendi Arbi. (Rahmat Sitepu)

 
Top