N3, Padang - Wakil Walikota Padang H.Emzalmi membuka acara dan sekaligus memberikan arahan kepada peserta rapat  Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kota Padang Tahun 2018 di Pangeran Beach Hotel, Kamis (19/7/18).

Dikesempatan itu Emzalmi mengatakan program TKPK adalah program Nasional yang melibatkan semua unsur unit kerja di Pemerintahan Kota Padang. Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan juga merupakan sebagai wadah yang menaungi seluruh Stakeholder yang terkait secara langsung dalam penanggulangan kemiskinan, baik yang berasal dari Pemerintah Daerah, Instansi vertikal, perguruan tinggi negeri, LSM, dan dunia usaha.


Sebagai contoh Badan Pusat Statistik (BPS) merupakan instansi sektoral yang tidak bisa diabaikan perannya dalam upaya penanggulangan kemiskinan terutama yang berkaitan dengan data kemiskinan.

“Oleh karena itu rapat koordinasi lintas sektoral yang masing-masing kita berperan aktif dalam menindaklanjuti, memfollow up berbagai program pembangunan,”ujar Emzalmi yang juga ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Kota Padang.

selanjutnya Emzalmi menambahkan salah satu cara penanggulangan kemiskinan adalah peningkatan infrastruktur, untuk jangka panjang harus ada konsep penanggulangan kemiskinan.

“Saya berharap semua peserta setelah kembali dari rakor ini, supaya memikirkan apa yang paling tepat  dilakukan dalam upaya penanggulangan kemiskinan, kalau ini dilakukan, Kota Padang akan menjadi kota besar,”imbuh Emzalmi.

Sementara itu Kabid Perencanaan Sosial Budaya dan Pemerintahan Bappeda Kota Padang, Hermansyah menyampaikan pelaksanaan kegiatan ini sebagai upaya penguatan fungsi kelembagaan TKPKD Kota Padang sebagaimana diamantkan dalam permendagri.

Sasaran utama yang hendak dicapai adalah percepatan penanggulangan kemiskinan melalui penguatan kelembagaan TKPKD kota padang.

Sedangkan Peserta rapat koordinasi percepatan penanggulangan kemiskinan ini terdiri dari seluruh SKPD yang termasuk dalam keanggotaan TPKP Kota Padang , Camat, Lurah terkait, CSR, LKAAM, Bundo Kanduang, BAZDA, PNPM/P2KKP Kotaku dan Lembaga terkait lainnya.

“Setelah rapat TPKD ini diharapkan memberikan pemahaman kepada kita semua terhadap upaya-upaya yang akan dilakukan dalam penanggulangan kemiskinan di Kota Padang,”tutur Hermansyah.(th)
 
Top