N3 Payakumbuh, Sebuah gedung baru yang yang berfungsi sebagai penunjang untuk peningkatan penanganan medis terhadap bagi pasien RSUD Adnan WD Payakumbuh diresmikan oleh Walikota Riza Falepi. Gedung baru 4 lantai tersebut dijuluki dengan nama Gedung Kemuning 4 Lantai di areal komplek RSUD Adnan WD Payakumbuh.


Dalam sambutannya pada acara peresmian Gedung Kemuning, di hadapan para undangan yang terdiri dari unsurr Forkopimda dan sejumlah OPD, Riza Falepi mengharapkan gedung bertingkat 4 ini mampu memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang berobat di RSUD Adnaan WD Kota Payakumbuh


“Saya berharap, Gedung Kemuning 4 Lantai ini selesai dibangun pada periode pertama dulu. Tapi tidak masalah, yang penting gedung ini dimanfaatkan. Apapun untuk penunjang kesehatan, saya dukung, seperti pembangunan gedung ini,”terang Riza Falepi Walikota Payakumbuh.


Kedepan, kata Riza Falepi, dengan adanya gedung 4 lantai itu, RSUD Adnan WD Payakumbuh harus memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat, terutama pada pasien. Mantan anggota DPD-RI itu tidak mengharapkan dengan adanya gedung baru maka banyak pasien yang berobat ke RSUD Adnan Wd Payakumbuh. Tetapi, pelayanan prima untuk kesehatan harus diberikan kepada masyarakat. Salah satunya melalui fasilitas penunjang seperti infrastruktur, yaitu gedung 4 lantai.


“Saya tidak menginginkan banyak pasien yang berobat kerumah sakit ini, tapi yang terpenting bagaimana masyarakat bisa hidup sehat. Kesehatan itu mahal. Dengan adanya sistem kesehatan yang bagus seperti rumah sakit ini, sehingga berdampak pada kesehatan masyarakat,”terang Riza Falepi.  


Walikota Payakumbuh itu mengakui, sudah ada tawaran kerja sama dari berbagai negara. Seperti Jepang dan Jerman untuk kerja sama pada bidang alat kesehatan. “Jerman dan Jepang sudah menawarkan untuk kerja sama berupa alat untuk kesehatan jantung serta alat kesehatan lainnya yang sudah canggih untuk diterapkan di Payakumbuh ini. 

"Tapi sebelum menerima tawaran itu, saya harus konsultasi dulu dengan dokter disini. Apakah alat kesehatan itu bermanfaat maksimal untuk dipakai atau tidak,”ucap Riza Falepi.


Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Payakumbuh, Elzadaswarman mengatakan gedung 4 lantai yang dimiliki RSUD Adnan Wd Payakumbuh itu sangat bagus. Bahkan gedung yang dimiliki RSUD Adnan WD Payakumbuh  tersebut, merupakan satu-satunya fasilitas rumah sakit  di Luak Limopuluah yang memiliki lift. “Gedung sangat bagus, kwalitas rumah sakit perlu ditingkatkan ,ini salah satu caranya. Ketika mutu meningkat maka dilanjutkan dengan penerapan 4 pilar,”ucap Elzadaswarman. 


Penerapan 4 Pilar yang dimaksud Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh itu, yakni Dedikasi atau menjadikan RSUD Adnan WD yang terbaik. Kemudian Prestasi rumah sakit, Profesionalitas SDM dalam bekerja serta Mutu Layanan terhadap pasien.


Direktur Rumah Sakit Umum Adnan Wd Payakumbuh, dr.Efrizal Naldi menjelaskan gedung baru 4 lantai tersebut, digunakan khusus untuk kegiatan medis RSUD Adnan Wd Payakumbuh. Seperti penanganan penyakit jantung, mata, kandungan hingga bersaling. Bahkan, gedung tersebut, juga sudah bisa  sebagai ruangan operasi pasien RSUD Adnan Wd Payakumbuh.


“ Ada beberapa dokter yang akan melakukan tugasnya di gedung baru 4 lantai ini. Yaitu  dokter bedah, dokter  kandungan serta dokter mata. Kita juga sedang melakukan  rekrut terhadap dokter bedah tulang,”ucap dr.Efrizal Naldi. Kata Dokter Efrizal,  tahun ini digedung 4 lantai tersebut juga sudah dimulai kegiatan operasi bagi pasien rumah sakit. 


Gedung Kemuning 4 Lantai RSUD Adnan Wd Payakumbuh itu, dibangun secara bertahap sejak tiga tahun terakhir ini. Untuk pembiayaan, setidaknya Rp 40 Miliar anggaran sudah tersedot pembangunan gedung seluas sekitar 1000 meter persegi itu. 


Gedung tertinggi di RSUD Adnan Wd Payakumbuh itu, juga dilengkapi lift khusus untuk pasien yang dipasang di tengah-tengah bangunan. Pada lantai 1 ada CCSD, NICU, Laboratorium dan Apotik. Lantai 2 ada kamar bersalin dan Perinatologi. Lantai 3 ada ICU dan CVCU sedangkan pada lantai 4 ada Instalasi Bedah Sentral (IBS). (Rahmat Sitepu)




 
Top