N3, Pasaman - Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD), tepatnya di Jorong Situak Barat Nagari Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat dilaksanakan oleh Kodim 0305/Pasaman. 

Dalam pelaksanaannya, TNI tidak hanya fokus pada pembangunan jalan dan jamban saja, tapi TNI diharapkan peka untuk ringan tangan dalam membantu kebutuhan sehari - hari warga.

Anggota Satgas membantu orang tua angkatnya menjemur hasil kebun berupa Kacang Tanah. Hal itu dilakukan oleh Pelda Roni Iswanto dan Praka Alta Januarson anggota Satgas TMMD Kodim 0305/Pasaman yang membantu Margawati (47) warga Dusun Rojang Jorong Situak Barat, membantu Menjemur Hasil kebun (Kacang Tanah) di halaman rumahnya.

Pelda Roni Iswanto merupakan Bintara Kesehatan Denkesyah 01-04-04 Padang, berliau bergabung dalam Satgas TMMD ke 102 Kodim 0305/Pasaman, mengatakan TNI harus peka dan ringan tangan untuk membantu warga.

"Membantu warga sudah menjadi tugas kami. Apalagi melihat Ibu Margawati orang tua angkat kami, kami tinggal sehari hari di rumahnya". ungkap Pelda Roni Iswanto.

Tak pelak, keakraban prajurit TNI dengan warga mudah dilihat di berbagai kegiatan TMMD. Mulai dari mencangkul bersama, hingga membuka jalan yang sedang dibangun. Bahkan makan bersama serta saling menuangkan kopi saat istirahat kerap terlihat.

Bukan hanya itu, warga sepertinya berlomba-lomba dalam memberikan bantuan. Tanpa disuruh mereka bergerak dengan sukarela. "Tadi saya merasa takjub, ada warga yang menghampiri kami. Dengan ramah dia menuangkan kopi dan memberikan cemilan kepada kami yang tengah bekerja," ujar Pelda Roni Iswanto

Warga di daerah Jorong Siruak Barat inipun terharu kepada para TNI yang setiap hari membatu masyarakat dan bekerja bersama masyarakat di Jorong Situak Barat.

Salah satunya diungkapkan Margawati, warga Dusun Rojang yang mengaku sangat bersyukur dengan program TMMD ke-102 di daerahnya. Dia tidak menyangka para prajurit TNI yang dinilai  tegas selama ini, ternyata begitu ramah dalam bergaul bersama masyarakat.

"Kami tidak menyangka para prajurit TNI akhirnya masuk dan membangun daerah kami di sini. Mereka begitu ramah terhadap penduduk, jadi tidak masalah seandainya harus berlama-lama di sini sekalipun," ujar wanita orang tua angkat prajurit tersebut (Penrem 032/Wbr)
 
Top