N3 Limapuluh Kota - SMAN 1 Suliki terpilih sebagai kandidat Sekolah Menengah Atas (SMA) dari Kabupaten Limapuluh Kota dalam Lomba Penilaian Pustaka Tingkat Sumatera Barat.

Senin (4/6) sekolah ini didatangi tim penilai dari Provinsi Sumbar. Hal ini disampaikan Kepala SMA N Suliki, Eriswandi, M.Pd ketika ditemui wartawan di ruang kerjanya Selasa (5/6).

Beliau menjelaskan sejak 2005, Perpustakaan SMA N 1 Suliki sudah memiliki Akreditasi A, artinya dari segi layanan, koleksi, dan SDM yang dimiliki Pustaka SMA N 1 Suliki sudah kompeten. Sehingga bisa mengikuti penilaian tingkat provinsi.

Tim penilai yang datang dari Dinas Perpustakaan Provinsi Sumbar, Deviany dan UIN Imam Bonjol Padang Zulfitri, juga ikut mendampingi dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Limapuluh Kota, Refrison Rasyid, dan Dinas Perpustakaan Kabupaten Limapuluh Kota, Rahmah Fajria.

Kepala SMA N 1 Suliki mengatakan Dalam Penilaian tersebut, adapun aspek-aspek yang dinilai antara lain Organisasi Perpustakaan, Gedung/Ruang Perpustakaan, Perabot dan Perlengkapan, lalu ketersediaan Buku (red-koleksi).

"Bahkan SDM Perpustakaan, Layanan Perpustakaan, Program dan Kegiatan Perpustakaan, Promosi Perpustakaan Sekolah, Anggaran Perpustakaan, dan point terakhir adalah apakah ada kerjasama dengan Pustaka Sekolah Lain juga dinilai oleh tim dari Provinsi," terang Eriswandi.

Tim Penilai dari Dinas Perpustakaan Provinsi Sumbar, Deviany mengatakan yang paling menonjol dari SMA N 1 Suliki selain Pustaka nya yang kondusif adalah Sistim IT yang diterapkan Sekolah untuk Pustakaannya ini.

"IT untuk tingkat SMA sudah tinggi, Pustaka nya kreatif dan inovatif, bahkan Kartu Pustaka di buat oleh sekolah sendiri, serta brosur Pustaka pun di buat oleh sekolah, tinggal sedikit mengubah tata letak buku baru untuk promosi saja," tuturnya. (Rahmat Sitepu)

 
Top