N3 Limapuluh Kota - Sejak Januari 2017, SMAN 1 Suliki sudah memiliki Pelayanan Pustaka disekolah berbasis IT. Artinya pelayanan yang diberikan oleh Perpustakaan sekolah ini serba canggih dan memudahkan siswanya menimba ilmu.

Sekolah yang dipimpin oleh Eriswandi, M.Pd ini menjadi satu-satunya SMA yang menerapkan sistem berbasis IT di Perpustakaannya. Sistem IT yang dimiliki oleh Perpustakaan Sekolah ini adalah Senayan Library Management System (SLIMS) Versi 7.

"Alat untuk proses identifikasi buku yang ada di Pustaka Sekolah kita telah menggunakan Barcode, jadi setiap siswa memiliki Kartu Barcode, sehingga data siswa ada didalam komputer, selain itu, kartu yang dimiliki siswa ini memiliki 3 fungsi, Sebagai Kartu Identitas Pelajar, Kartu Pustaka, Serta Kartu Absensi Siswa.

Kepala SMAN 1 Suliki mengatakan dengan sistem IT ini, siswa dimudahkan untuk mengisi daftar kehadiran di Perpustakaan lewat Komputer, lalu siswa juga bisa melakukan pengecekan ketersediaan buku lewat Komputer di Perpustakaan.

"Hingga kesalahan yang lumrah dilakukan seperti penulisan nama buku yang keliru, atau tanggal peminjaman dan pengambilan buku, sekarang tidak lagi terjadi karena sistem IT yang kita miliki sudah mencatat seluruh data dari Koleksi yang ada di Perpustakaan Sekolah," tuturnya.

Eriswandi juga menambahkan, SDM yang dimiliki Perpustakaan SMAN 1 Suliki merupakan Lulusan Perguruan Tinggi Negeri UIN Imam Bonjol Padang yang memang menguasai Ilmu Perpustakaan, sehingga sekolah menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan Perpustakaannya.

"Dengan SDM kita yang handal, pengawasan terhadap bacaan siswa dapat dilakukan dengan efektif, dan dengan di catatnya semua buku yang keluar masuk Perpustakaan, buku-buku yang mengandung paham Radikal dan Pornografi akan segera diblokir dan ditarik dari daftar Koleksi Perpustakaan Sekolah," ujarnya lagi.

Windi dan Eta, Siswa kelas X SMAN 1 Suliki ketika ditanya wartawan mengatakan dengan adanya Kartu Siswa yang juga bisa digunakan sebagai Kartu Pustaka ini mengatakan merasa dimudahkan dan sangat nyaman dengan layanan perpustakaan berbasis IT ini.

"Kami menjadi semakin mudah mencari buku lewat komputer, lalu kami juga dimudahkan dalam meminjam buku hanya dengan memakai satu Kartu tanpa perlu syarat lain, sangat simpel dan hebat," pungkasnya.

Diujung wawancara, Eriswandi mengatakan Ruangan pustaka juga bisa digunakan sebagai tempat untuk menunjang kegiatan siswa. Jumlah judul buku yang dimiliki SMAN 1 Suliki sekarang ada 3.349 dan Eksemplar sebanyak 53.355. (Rahmat Sitepu)

 
Top