N3 Limapuluh Kota - Untuk mengembangkan seni dan budaya di daerah, Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota melakukan kerjasama dengan Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang.

Memorandum of Understanding (MoU) pengembangan seni budaya dan pemanfaatan sumberdaya akademis tersebut, dilakukan Bupati H. Irfendi Arbi dengan Rektor ISI Padang Panjang Prof. Dr. H. Novesar Jamarun, MS di pendopo rumah dinas bupati di Labuah Basilang, baru-baru ini.

“Kesepahaman ini bertujuan untuk menggali dan memanfaatkan potensi para pihak buat mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas memajukan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Novesar Jamarun didampingi Pembantu Rektor I DR. Ediwar kepada wartawan usai penandatangan MoU itu,

Dikatakan, ruang lingkup kesepahaman antara lain meliputi promosi akademis, pengabdian pada masyarakat dan penelitian, saling bertukar informasi di bidang seni dan pariwisata. Berikutnya, menerima kunjungan yang saling menguntungkan, workshop dan proyek penelitian, serta pembinaan guru-guru dan pengembangan seni di Kabupaten Limapuluh Kota.

“Bentuk kerjasama itu diantaranya pihak ISI mengirimkan mahasiswa KKN ke Kabupaten Limapuluh Kota sebanyak 150 orang pada bulan Juli 2018 mendatang. Para mahasiswa ini nantinya akan melakukan kegiatan sosial kemanusiaan untuk pengabdian kepada masyarakat di nagari-nagari,” papar Ediwar.

Sedangkan di bidangkan kebudayaan dan kesenian, akan diadakan kerjasama berupa pelatihan-pelatihan dan pembinaan kesenian anak nagari. Selain itu, pihak ISI juga akan ikut serta dalam setiap kegiatan festival-festival dan acara tahunan Kabupaten Limapuluh Kota lainnya.

Sementara itu Bupati Limapuluh Kota H. Irfendi Arbi berharap, kerjasama itu benar-benar memberikan kontribusi bagi pelestarian dan pengembangan seni dan budaya di Kabupaten Limapuluh Kota. Ia mengakui seni dan budaya di daerah ini butuh peran serta berbagai pihak termasuk sentuhan perguruan tinggi seperti ISI Padang Pandang.

“Kita berharap kerjasama saling menguntungkan ini memberikan dampak positif terhadap seni dan budaya daerah kita,” tutur Irfendi.

Lebih jauh Irfendi menginginkan, kehadiran mahasiswa ISI dalam KKN nantinya ikut mempromosikan dan memviral berbagai potensi Limapuluh Kota termasuk pariwisata di daerah ini ke khalayak seperti melalui dunia maya. (Rahmat Sitepu)

 
Top