N3, Padang - Pengawasan Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Teluk Bayur Wilker Muara Padang punya peran cukup signifikan di pelabuhan, dalam menjaga stabilitas, kelancaran arus barang maupun penumpang, dan keselamatan pelayaran. 

Dan dalam melakukan pengawasan di Pelabuhan Muara Padang, KSOP Muara Padang selalu melakukan koordinasi dengan semua pihak yang berkompeten, termasuk pemilik kapal. Karena tanpa adanya koordinasi dan komunikasi yang baik, sudah tentu pengawasan tisak dapat berjalan secara maksimal.

Ini disampaikan Kepala KSOP Teluk Bayur Wilker Muara Padang Nazirwan kepada wartawan www.nusantaranews.net beberapa saat lalu di ruang kerjanya.

Menurut Nazirwan, selama ini untuk stabilitas kelancaran arus barang dan penumpang serta keselamatan pelayaran di pelabuhan Muara Padang telah berjalan dengan baik. Hal ini disebabkan masih tingginya kesadaran masyarakat maupun dari pemilik kapal dalam mematuhi aturan-aturan dan himbauan tentang keselamatan mereka.

Meski tidak dipungkiri, sewaktu pihaknya melakukan cek lapangan, terkadang masih ada juga alat-alat kelengkapan keselamatan didalam kapal yang belum cukup, seperti pelampung. Hal ini disebabkan pelampung tersebut sudah rusak dan belum diganti.

Nah hal-hal seperti ini sering ditemukan, dan pihaknya selalu menegaskan kepada pemilik kapal supaya segera mengganti atau membeli alat-alat keselamatan itu.

Selain himbauan, pihaknya juga dengan tegas bakal memberikan sanksi terhadap ada upaya yang dilakukan  terjadi kecurangan oleh kapal. Bentuk sanksinya tentu disesuaikan dengan tingkat kesalahan, sesuai dengan peraturan, yaitu pemberian peringatan, denda administratif, pembekuan izin atau pembekuan sertifikat, dan pencabutan izin. **
 
Top