Calon Walikota Padang nomor urut 1 di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 27 Juni 2018, Emzalmi menghadiri acara berbuka bersama yang digelar Lembaga Sosial Masyarakat (LSM) Meja Putih Saiyo Kecamatan Pauh Kota Padang, Sumatera Barat. 

Acara yang mengambil tema "Mari Kita Tumbuhkan Kepedulian Kepada Dhuafa" tersebut dilaksanakan di kediaman Buya Ramlan Rasyid Tsani, Pemimpin Umum BentengSumbar.com, yang beralamat di Part One Binuang Kampung Dalam Kecamatan Pauh Kota Padang. 

Ketua LSM Meja Putih Saiyo, Mawardi mengatakan, acara buka puasa bersama dengan kaum dhuafa tersebut bertujuan untuk saling berbagi kebahagian dari donatur LSM Meja Putih Saiyo kepada kaum dhuafa dengan berbagi nikmatnya berbuka dengan makanan yang jarang mereka makan di hari biasanya.

“Selain itu, kegiatan buka bersama dhuafa dapat menjalin ukhuwah bersama kaum dhuafa, relawan LSM Meja Putih Saiyo Kota Padang yang juga turut andil dalam kegiatan ini, maupun Amil Dompet Dhuafa yang senantiasa bekerja mengurus kaum dhuafa,” lanjut Mawardi.

Ia menjelaskan, kegiatan buka puasa bersama ini sudah delapan kali dilaksanakan dalam setiap bulan Ramadan. Dengan adanya kegiatan buka puasa bersama dhuafa dapat merajut ukhuwah dan meraih berkah kepada mereka yang kurang mampu.

"Kali ini, kita mengundang sebanyak 220 orang kaum dhuafa, di tambah dengan unsur ninik mamak Kerapatan Adat Nagari (KAN) Pauh V. Saat ini, LSM Meja Putih Saiyo sudah beranggotakan 25 orang sejak 12 tahun silam. Setiap tahun di bulan suci Ramadan ini diadakan buka bersama," katanya.

Menurutnya, semua program-program Ramadan dapat terlaksana berkat sumbangan donatur yang berdonasi untuk kegiatan ini. "Tentunya kami juga mengajak kepada saudara-saudara yang ingin berpartisipasi dalam program ini," harapnya. 

Emzalmi selaku Ketua Pembina LSM Meja Putih Saiyo mengatakan, LSM Meja Putih Saiyo berkomitmen membantu masyarakat kurang mampu, termasuk anak-anak panti asuhan yang perlu diperhatikan kesehatan dan pendidikannya.

"Ini bagian dari program dari LSM Meja Putih Saiyo. Secara tidak langsung, LSM Meja Putih Saiyo sudah membantu tugas-tugas pemerintah, maka itu kita berikan aprisiasi dan perlu kita berikan dorongan, dan motivasi," ujarnya. 

Emzalmi mengatakan, selaku pembina, ia mencoba memberikan dukungan semaksimalnya terhadap LSM Meja Putih Saiyo agar kedepannya lebih baik lagi. By
 
Top