Wawako Payakumbuh Erwin Yunaz Serahkan LHP BPK RI Tahun 2017

N3 Payakumbuh - Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK-RI atas Pertangungjawaban Penerimaan dan Pengeluaran Bantuan Keuangan Partai Politik (Parpol) Penerima Bantuan Keuangan dari APBD Kota Payakumbuh Tahun 2017 diserahkan Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz di ruang rapat Walikota Payakumbuh, Lantai II Kantor Balaikota Baru di Eks. Lapangan Kapten Tantawi, Jumat (11/5).

Turut didampingi Asisten III Setdako Iqbal Bermawi, Kepala Badan Keuangan Daerah Syafwal, Kepala Kantor Kesbangpol Ifon Satria Can serta perwakilan 10 Partai Politik yang ada di Kota Payakumbuh.

Kepala Kantor Kesatuan Bangsa (Kesbang) Kota Payakumbuh Ivon Satria dalam laporannya, mengatakan, pada tahun 2017 lalu bantuan yang diserahkan kepada Parpol di Kota Payakumbuh mencapai 10 Partai Politik (Parpol) dengan nilai Rp.559.211.209.

“Dari total bantuan Parpol tahun 2017 tersebut tidak bisa direalisasikan seratus persen karena ada salah satu partai tidak melakukan pengambilan, sehingga pencairan dana hanya mencapai angka sekitar 80 % persen lebih,” kata Ifon.

Sementara Wakil Walikota Erwin Yunaz, mengatakan, total dana bantuan Parpol dari Pemerintah Kota Payakumbuh pada tahun 2017 telah diaudit BPK-RI dan hasilnya telah diserahkan kepada Walikota dan Ketua DPRD Payakumbuh.

“Hari ini kami paparkan hasil audit BPK terhadap bantuan keuangan Parpol tahun 2017 lalu, dan Alhamdulillah dinilai baik oleh mereka. Apa yang menjadi catatan pada laporan keuangan tahun 2017 lalu hendaknya juga bisa menjadi pedoman bagi pengurus Parpol kedepannya,” sebutnya.

Ditambahkan, pada tahun 2018 ini Pemerintah Kota Payakumbuh tetap memberikan bantuan keuangan kepada 10 Partai Politik, dimana jumlahnya masih sama pada tahun sebelumnya.

“Pemerintah Kota Payakumbuh juga menghimbau agar Pengurus Parpol tidak melakukan penggantian pengurus terutama Bendahara dalam tahun anggaran berjalan, sehingga memudahkan kita dalam penyusunan laporan keuangan,” pungkas Wawako Erwin.

Penyerahan LHP hasil pemeriksaan BPK-RI ditandai dengan penyerahan secara simbolis oleh Wakil Walikota kepada salah satu pengurus Parpol yang hadir. (Rahmat Sitepu)
Previous Post Next Post