Wako Riza Falepi Minta Tingkatkan Koordinasi Antar Aparatur Pemerintahan

N3 Payakumbuh - Walikota Payakumbuh Riza Falepi bersama Wakil Walikota Erwin Yunas terus berusaha meningkatkan koordinasi di jajaran aparatur Pemerintah Kota Payakumbuh. Hal itu dilakukan untuk mewujudkan visi dan misi yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Payakumbuh tahun 2017 s/d 2022.

Karena itu Walikota Riza Falepi mengumpulkan seluruh pejabat eselon II dan III dilingkungan Pemko Payakumbuh dalam kegiatan rapat koordinasi (Rakor). Berbagai agenda dibahas, termasuk upaya Pemko Payakumbuh mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam Laporan Keuangan mereka tahun 2017 yang tengah diperiksa Badan Pemeriksa Keuangan Daerah (BPKP) Provinsi Sumatera Barat di Aula Lt.3 Kantor Balaikota Lama, Bukik Sibaluik, Selasa (8/5).

“Saya berharap melalui Rakor ini akan tercipta sinergitas antar OPD sehingga visi dan misi yang sudah kita tuangkan dalan RPJMD dapat tercapai. Silahkan berikan masukan kepada kami terkait kebijakan, kalau ada yang kurang tepat, mari kita perbaiki bersama,” ujar Riza.

Riza mengapresiasi kerja keras para kepala OPD beserta jajarannya, sehingga berbagai penghargaan diraih oleh Kota Payakumbuh, termasuk penghargaan pemerintah daerah dengan Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan terbaik di Pulau Sumatera yang baru baru ini diterima walikota.

“Saya ucapkan terima kasih atas kerja keras kita selama ini, sehingga berbagai penghargaan berhasil diraih dari pusat, mari kita pertahankan dan tingkatkan,” ujar Walikota Riza.

Terkait upaya Pemko Payakumbuh mempertahankan opini WTP dalam laporan keuangan Pemko, walikota mengajak semua kepala OPD untuk betul betul serius, termasuk menindaklanjuti indikasi temuan yang disampaikan oleh pihak pemeriksa.

“Alhamdulillah, dari pemeriksaan tim dari BPKP yang sedang berlangsung, meski temuan mereka tidak banyak dan termasuk yang terkecil di Sumbar, saya harap kita semua serius menindaklanjuti temuan tersebut, agar kota kita bisa kembali meraih WTP tahun ini,” beber Walikota Riza Falepi.

Riza meminta seluruh OPD yang berkoordinasi dengan Badan Keuangan Daerah (BKD) dalam menyikapi catatan-catatan dari BPKP tersebut.

“Silahkan berkoordinasi dengan BKD terkait catatan-catatan dari pihak BPKP, bisa jadi menurut kita sudah tepat, tetapi belum menurut pihak BPKP, makanya koordinasi dengan BKD kita,” tukas Riza.

Riza juga meminta catatan ataupun temuan BPKP yang terkait dengan pihak ketiga untuk dikomunikasikan secara lebih baik.

“Bagi OPD yang laporan keuangannya terkait dengan pihak ketiga, tolong dikomunikasikan dengan baik, tegaskan kepada mereka untuk segera menyelesaikan, karena jika main-main, mereka bisa berurusan dengan aparat hukum,” tegas Riza.

Dalam kesempatan itu, kepala BKD Kota Payakumbuh, Syafwal membeberkan catatan dan atau temuan BPKP yang mesti ditindak lanjuti oleh masing masing OPD.

“Tolong setiap OPD segera menindaklanjutinya, sebab jika tidak kita respon, bisa saja mempengaruhi penilaian atau Opini BPKP, dan bisa saja kita gagal meraih opini WTP,” pungkas Syafwal. (Rahmat Sitepu)
Previous Post Next Post