N3 Payakumbuh - Setelah berlangsung selama 3 hari, MTQ Ke XXXVIII Tingkat Kota Payakumbuh tahun 2018 ditutup Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz bersama Ketua DPRD YB Dt Parmato Alam, Kepala Kankemenag Asra Faber, Sekdako Benni Warlis dan pimpinan OPD, Sabtu (12/5) di lapangan Kaluek Kelurahan Payobasung Kec. Payakumbuh Timur, dan juga dihadiri Ketua LKAAM bersama tokoh masyarakat serta ribuan warga yang menunggu pengumuman hasil musabaqah.

Wakil Walikota Payakumbuh saat menutup MTQ ini menyampaikan, terima kasih kepada Camat Payakumbuh Timur Linda Kefrinaldi selaku tuan rumah penyelenggaraan MTQ tahun 2018 tingkat Kota Payakumbuh.

"Alhamdulillah MTQ kita berjalan sukses dan kami sangat bangga dengan tingginya partisipatif masyarakat Payakumbuh dalam memeriahkan even keagamaan yang digelar 1 kali 2 tahunan ini. Terima kasih juga kepada semua tokoh masyarakat dan masyarakat, tanpa dukungan semua unsur, MTQ kita tidak akan maksimal," ujar Erwin.

Menurutnya, inilah para calon pemimpin Payakumbuh mendatang, dengan penerapan kebijakan perekrutan kafilah lokal tampaklah potensi Payakumbuh yang begitu naturalisasi. Dan kami yakin jauh lebih baik dari pada kita pakai kafilah Impor. Kita telah merancang bagaimana kita bisa berdiri di kaki sendiri untuk melahirkan qari qariah terbaik hingga ke international, nantinya. Salah satu yang membanggakan kita juga, MTQ nasional mendatang di Medan, Kota Payakumbuh akan kirim 2 kafilah dari cabang tahfidz sebanyak 20 orang dan fahmil quran bergabung dengan Sumbar, mendatang kita akan upayakan separoh dari kafilah Sumbar.

"Dari MTQ yang kita gelar kali ini, marilah kita jadikan alquran sebagai detak jantungnya warga Payakumbuh, mendalami alquran sebagai pedoman dalam penyelenggaraan roda pemerintahan dan kemasyarakatan hingga ke tingkat keluarga. Sehingga prestasi kota Payakumbuh sebagai kota penyelenggara pemerintah terbaik untuk ke 15 kali di Nasional, sejalan dengan peningkatan imtaq. Payakumbuh sebagai barometer dan gudangnya para hafidz serta barometer pendidikan, akan tetap mendapatkan halangan dan tantangan berat, seperti adanya tantangan perilaku maksiat yang menyimpang. Tugas berat kita semua disini adalah bagaimana pelaku penyimpangan itu bisa kita rangkul untuk menjalankan syariat islam yang sudah diatur sedemikian rupa baiknya dalam al quran," tukas Erwin Yunaz.

Dipenghujung sambutannnya, Wawako Erwin Yunaz menegaskan, kepada pimpinan OPD terkait untuk menjaga aset kafilah yang sudah ada untuk lebih dimantapkan dan dikembangkan termasuk perekrutan kafilah yang baru lainnya. Erwin Yunaz juga berjanji akan melibatkan para pemuncak juara MTQ Ke 38 tahun 2018 dalam Safari Ramadhan Pemko Payakumbuh. Erwin Yunaz juga berjanji akan melibatkan mereka dalam kegiatan kota.

Sementara itu, Kepala Kankemenag kota Payakumbuh Asra Faber dalam sambutannya, mengapresiasi program Pemko Payakumbuh yang selalu mengedepankan koordinasi demi tumbuh kembangnya keagamaan di Kota Batiah (Payakumbuh-red) ini. Dan kami turut mengucapkan terima kasih kepada Walikota dan Wakil Walikota Payakumbuh beserta jajaran yang sangat mendukung program wakaf tunai. (Rahmat Sitepu)
 
Top