N3, Padang ~ Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sumatera Barat, Syahrial Aziz meminta pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Padang nomor urut 1 di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 27 Juni 2018 untuk melestarikan tarian Buai Ba Buai.

"Seumur hidup, baru kali ini saya menyaksikan tarian Buai Ba Buai ini. Selama ini saya hanya mendengarkan cerita dari Syaf Gojo, salah seorang Pandeka Silek Pauh tentang tarian ini," ungkap pria yang akrab disapa Yal Aziz ini ketika menyaksikan pergelaran seni tradisi pada hari jadi ke-13 Forum Komunikasi Anak Nagari (FKAN) Pauh IX Kecamatan Kuranji Kota Padang, Sumatera Barat, Rabu, 9 Mei 2018 malam.

Menurut cerita Syaf Gojo yang diterima Yal Aziz, tarian Buai Ba Buai ini termasuk seni tari tradisional khas Pauh yang sudah mulai langka dan hampir hilang dimakan zaman.

"Syaf Gojo menceritakan kepada saya, tarian ini memadukan silek dan seni, sehingga menarik untuk disaksikan dan memiliki makna yang dalam," pungkas pria asal Pauh V ini. 

Karena tari Baui Ba Buai sudah mulai langka, Yal Aziz meminta Pemerintah Daerah memiliki kepedulian untuk melestarikan tradisi Anak Nagari Pauh yang merupakan warisan nilai-nilai luhur yang sangat baik untuk dipelajari generasi muda. 

"Saya menaroh harapan kepada pasangan calon Emzalmi dan Desri Ayunda untuk melestarikan seni tari tradisional ini. Tadi saya sudah meminta langsung ke Pak Em dan Pak Des, agar tari Buai Ba Buai ini dilestraikan jika mereka terpilih," ungkap Yal Aziz.

Perayaan hari jadi ke-13 Forum Komunikasi Anak Nagari (FKAN) Pauh IX memang dihadiri oleh pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Padang nomor urut 1 di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 27 Juni 2018, Emzalmi dan Desri Ayunda.

Pada acara itu pula, Ninik Mamak dan Anak Nagari sepekat mendeklarasikan dukungan kepada paslon duet ideal ini. Pembacaan deklarasi langsung dilakukan perwakilan Ninik Mamak dan Anak Nagari yang hadir. By
 
Top