Jelang Penetapan 1 Ramadhan Tim Rukyatul Hilal Kankemenag Kota Payakumbuh Lakukan Pengamatan Hilal

N3 Payakumbuh - Tim Rukyatul Hilal Kankemenag Kota Payakumbuh melakukan pengamatan hilal untuk Penetapan 1 Ramadhan 1439 H,  untuk wilayah Kota Payakumbuh di puncak Kayu Kolek Kecamatan Luak Kabupaten Limapuluh Kota, Selasa (15/5), Tim Rukyatul Hilal ini dipimpin Penyelenggara Syariah Kanapi bersama Kasi PAIS. Pengamatan dilakukan sekitar pukul 18.00 hingga menjelang Magrib.

Dari hasil pengamatan sore itu, Tim tidak mendapatkan hasil maksimal, karena langit ditutupi kabut/berawan. "Kita sudah lakukan pengamatan hilal, namun cuaca kabut/berawan. Hasil tidak ditemukan," ucap Ketua Tim Kanapi.

Terpisah, Kepala Kankemenag Asra Faber selaku pembina BHR via selulernya, mengatakan kepada wartawan, membenarkan hasil pengamatan hilal ini.

Dikatakan Asra Faber, sangat jarang kita dapat mengamati hilal apabila kurang dari 2 derajat. Mungkin hanya beberapa titik saja di Indonesia yang bisa melihat. Selain itu, peralatan kita juga kurang memadai. Selanjutnya kita akan berpedoman kepada hisab. Kita di Kankemenag atau di Kota Payakumbuh kan sudah punya tenaga profesional untuk itu, yakni Saudara Akbarul Fahmi, S. HI," sebut Asra Faber.

Sebagai warga dan umat yang baik, selanjutnya kita mematuhi keputusan ulil amri (pemerintah) melalui Sidang Itsbat Menteri Agama bersama tokoh ormas muslim di Indonesia. Tapi Kami yakin, 1 Ramadhan 1439 H jatuh pada Kamis tanggal 17 Mei 2018. Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan tahun 2018, mari kita tingkatkan kualitas dan kuantitas ibadah kita. Kami juga imbau para generasi muda dan anak anak, supaya jangan melakukan perbuatan mubazir, seperti permainan petasan yang membuat terganggunya orangtua kita beribadah secara khusu'.  Karena tradisi salah ini masih terlihat di daerah kita," imbau Asra Faber.

Sebelumnya Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin sudah mengumumkan hasil Sidang Itsbat, Pemerintah menetapkan 1 Ramadan 1439 H/2018 M jatuh pada hari Kamis 17 Mei 2018. Penetapan ini berdasarkan sidang isbat bersama pimpinan ormas islam yang dipimpin Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Kantor Kementerian Agama Jalan MH Thamrin No. 6, Jakarta, Selasa (15/05).

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, 1 Ramadhan jatuh pada hari Kamis, 17 Mei 2018,” ujar Menag setelah mendengar pandangan dari MUI dan pimpinan ormas Islam yang hadir pada sidang Isbat tersebut menyepakati untuk menyempurnakan bulan Sya’ban menjadi 30 hari sehingga tanggal 1 Ramadan 1439H jatuh pada hari Kamis tanggal 17 Mei 2018. (Rahmat Sitepu)
Previous Post Next Post