N3 Payakumbuh - Heru Indratama. SH pemilik kedai burung Reynand Bird Shop kelurahan Tanjung Gadang kecamatan Payakumbuh Barat memiliki hobi burung yang sudah lama dilakoni nya beberapa tahun silam. Kini dirinya sibuk mengembangkan Birdshop di kawasan kota Payakumbuh. Mulai pakan, aksesoris, kandang hingga segala jenis burung terutama Lovebird, Kacer dan Kapas Tembak serta burung ocehan lainnya.

Dikatakan Heru kepada wartawan di Reynand Bird Shop, Selasa (15/5), main burung sudah sejak jaman masih kuliah di fakultas Hukum Universitas Andalas Padang Sumatera Barat, beberapa tahun silam.

Disela kesibukannya memandikan Lovebird di toko burungnya, ia menyebutkan, saat ini saya menekuni hobi di burung, terutama yaitu membuka birdshop dan penyedia aneka jenis burung diantaranya lovebird dari anakan hingga prospek siap lomba, kacer dan kapas tembak serta burung ocehan lainnya.

Birdshopnya di kawasan Jalan Soekarno Hatta kelurahan Tanjung Gadang Kecamatan Payakumbuh Barat menjadi salah satu toko burung terlengkap dan paling ramai dikunjungi para pelanggannya. Ini tak lain kebutuhan burung mulai aksesoris dan aneka jenis kandang lengkap tersedia, serta beragam jenis burung terutama lovebird (paud hingga dewasa siap lomba). “Sebagian diantaranya hasil ternakan sendiri,” ungkapnya.


Setiap hari para pelanggannya memenuhi toko burungnya, dari pagi hingga malam hari. “Karena jenis lovebird paling ramai, permintaan jenis ini paling banyak, mulai dari lovebird anakan hingga dewasa siap lomba,” terangnya.

Untuk lebih memuaskan pelanggannya, selain lovebird yang disediakannya pilihan juga dia lebih mengedapankan sistem Pantau Cocok Bayar (PCB). Dengan cara seperti ini bisa sama-sama puas, tidak ada kecewa nantinya. “Silahkan mamantaunya, di toko Reynand Bird Shop,” katanya.

Begitu juga permintaan konsumen terhadap lovebird di Payakumbuh jauh meningkat. Sedangkan untuk sangkar, dia juga menyediakan sangkar-sangkar harian karya pengrajin lokal dari berbagai daerah.

Khusus sangkar, menurutnya, selama ini produk yang laris-manis adalah sangkar harian, dan banyak digunakan kicaumania kalangan menengah ke bawah. Selain itu, kini dia juga dipercaya menjadi penyedia aneka produk pakan, vitamin herbavit pakan burung lovebird lomba dari kota Jambi.

Selain berbagai kebutuhan burung, seperti jangkrik, ulat hongkong, pakan burung, pakan ayam, pakan kucing, berbagai vitamin dan obat burung berkicau, Reynand Bird Shop juga menyediakan beras, telur ayam, gas elpiji dan kebutuhan pokok masyarakat lainnya.

“Untuk kicaumania yang tinggal di kawasan tersebut yang ingin membutuhkan kebutuhan pakan, aksesoris, sangkar maupun segala jenis burung bisa menyambangi Reynand Birdshop yang selalu buka hingga malam hari. Atau diwaktu tertentu bisa membuat janji datang langsung ke kediamannya kelurahan Tanjung Gadang kecamatan Payakumbuh Barat kota Payakumbuh melalui via telp/WA 085363043265," pungkasnya. (Rahmat Sitepu)
 
Top