Bagian Kesra Sekretariat Daerah Kota Payakumbuh Adakan Wirid Pengajian Rutin Tiap Jum'at

N3 Payakumbuh - Dalam rangka memupuk keimanan dan ketaqwaan para ASN dilingkungan Pemerintahan Kota Payakumbuh selama bulan Ramadhan, Bagian Kesra, Sekretariat Daerah Kota Payakumbuh mengadakan wirid pengajian rutin setiap Jum'at pagi. Bertempat di Ruang Sholat, Lt.1 Balaikota Payakumbuh, eks. Lapangan Poliko, Jumat (25/5), Wirid perdana Ramadhan 1439 H, diisi oleh Ustadz Miftahul Gani, Lc asal Tanjung Pauh Kota Payakumbuh.
Wirid diikuti oleh seluruh ASN yang berkantor di Balaikota, mulai dari Asisten, Kepala OPD, Kepala Bagian dan seluruh karyawan karyawati.
"Insyaa Allah selama bulan suci Ramadhan ini kita rutin mengadakan wirid setiap Jum'at pagi. Kita berharap dengan diadakannya wirid maka akan bisa menambah ilmu dan memperkuat keimanan para ASN kita yang muaranya tentu akan meningkatkan kerja dan kinerja mereka selaku aparatur negara," ujar Kabag Kesra, Ul Fakhri saat ditemui usai pelaksanaan wirid tersebut.

Dalam Tausyiahnya, Ustadz Miftahul Gani mengupas tentang Safa'at (pertolongan). Dikatakan, safa'at merupakan bentuk pertolongan yang bisa diterima oleh seseorang, dalam hal ini orang yang beriman.

"Secara bahasa Safa'at berarti Genap, sementara secara istilah berarti pertolongan seseorang kepada orang lain, sehingga orang lain tersebut terjauh dari kehancuran dan kesedihan," terang Ust. Miftahul Gani yang merupakan lulusan universitas Al Azhar, Mesir.

Dikatakan, safa'at identik dengan pertolongan yang akan diterima oleh orang beriman diakhirat kelak. Menurutnya, ada sepuluh safaat yang akan bisa diberikan diakhirat nanti.

"Safa'at pertama adalah Safa'at Rasulullah. Nanti ummat manusia akan berbondong bondong meminta safa'at kepada para nabi, mulai dari Nabi Adam, Nuh, Ibrahim, Musa hingga Isa, namun mereka tidak bisa memberikan safaat. Dan ketika mereka menemui Nabi Muhammad, maka atas Izin Allah, Safa'at bisa diberikan oleh Nabi Muhammad," ujar Ust. Miftah.

Adapun sembilan safa'at lainnya yang bisa diperoleh orang beriman kelak adalah, Safa'at dari Malaikat, Safa'atnya para Nabi buat kaumnya, Safa'at Orang Beriman, Safa'at Orang Tua kepada Anak, Safa'at Anak kepada Orang Tua, Safa'at Orang yang Meninggal dalam Keadaan Syahid, Safaat Al Quran, Safa'at Puasa dan Safa'at Langsung dari Allah Swt.

"Namun kunci dari pemberiaan kesepuluh safa'at diatas tetaplah Biiznillah (izin dari Allah-red)," pungkas Ust. Miftahul Gani. (Rahmat Sitepu/rel)

Previous Post Next Post