N3, Padang ~ Sekitar 400 lebih karateka Institut Karate-Do Indonesia (Inkai) Sumbar, ikut ambil bagian pada Kejuaraan Daerah (Kejurda) tingkat Sumbar yang akan dilaksanakan di GOR PT Semen Padang pada 10-11 Mei mendatang.
Para karateka yang berasal dari ranting Padang dan Cabang Inkai yang ada di Sumbar tersebut bakal bersaing di 102 kelas yang terdiri dari usia dini, pra pemula, pemula, kadet, junior dan senior untuk memperebutkan piala bergilir Ketum Inkai Sumbar, Desri Ayunda.
”Ini bagian dari persiapan kami dalam menghadapi Kejurnas karate yang akan dilaksanakan di Banjarmasin, Kalsel pada 27-29 Juli mendatang,” ujar Ketua Pelaksana, Irfak Izma didampingi Sekretaris Cardova kemarin.
Disebutkan, pada kesempatan itu, Inkai Sumbar juga akan menurunkan tim pemantau yakni Darnis yang juga Ketua Majelis Sabuk Hitam (MSH) Inkai Sumbar dan sejumlah pengurus Inkai Sumbar lainnya, guna memantau atlet berkualitas, untuk masuk dalam atlet andalan Inkai Sumbar.
Ketua MSH Inkai Sumbar, Darnis menjelaskan, selain Kejurda, pada 12-13 Mei, juga akan dilaksanakan gashuku dan ujian Dan I, II dan III wilayah Sumatera, yang diperkirakan akan diikuti lebih dari 70 karateka dari berbagai provinsi yang ada di pulau andalas.
“Gashuku dan ujian Dan ini untuk mengembangkan sabuk hitam Inkai Sumbar. Dengan harapan, mampu melahirkan lebih banyak karateka terbaik Inkai di seluruh cabang Inkai yang ada di Sumbar,” aku karateka Dan IV tersebut.
Tampil sebagai penguji pada kesempatan itu yakni yakni Shihang Taufik Abbas dan dan Shiqi Wahab yang merupakan anggota dewan guru dan Ketua II PB Inkai. Mereka akan memberikan materi yang mengacu pada aturan World Karateka Federation (WTF) terbaru.
“Khusus untuk pertandingan nanti, juga akan menurunkan sebanyak 25 wasit juri terbaik Inkai Sumbar. Sedangkan sisanya 10 orang lagi berasal dari Forki Sumbar,” sambung anggota bidang pertandingan, Akhyar.
Terkait pertandingan itu, Ketua Inkai Padang, Abdul Karim diamini Alam Batuah mengaku, pihaknya sudah menyiapkan karateka yang berasal dari berbagai ranting Inkai yang ada di Kota Padang. Dirinya berharap, ranting Inkai Padang bisa kembali mempertahankan piala bergilir yang telah direbut ranting Berok Ikuakoto sebelumnya.
Selain memperebutkan piala bergilir Ketum Inkai Sumbar, para atlet yang akan diinapkan di SPN Padangbesi tersebut nantinya juga berhak atas uang pembinaan sebesar Rp 5 juta, peringkat kedua Rp 3 juta dan peringkat ketiga Rp 2 juta.

Usai kegiatan ini, Inkai Sumbar juga berencana untuk menggelar Kejuaraan Zone I Sumatera yang akan memperebutkan piala Ketua Dewan Pembina Inkai Sumbar, Widodo Santoso. ZL
 
Top