Walikota Riza Falepi Launching Gerakan Payakumbuh Berwakaf

N3 Payakumbuh - Walikota Payakumbuh Riza Falepi didampingi Wakil Walikota Erwin Yunaz, Ketua DPRD, YB. Dt. Parmato Alam dan Kepala Kantor Kemenang kota Payakumbuh Asra Faber melounching gerakan Payakumbuh Berwakaf, di Pendopo Rumah Dinas Walikota Payakumbuh baru-baru ini.

"Wakaf cakupannya luas, beda dengan zakat, yang memiliki syarat dan ketentuan. Zakat hanya buat golongan hasnaf yang delapan, diluar itu tidak bisa digunakan, sementara wakaf bisa mencakup lebih luas segmen, bahkan bisa diproduktifkan," ujar Walikota, Riza Falepi.

Dikatakan, wakaf merupakan cara menjaga kelangsungan umat dari sisi ekonomi, kesejahteraan Dan sosial mereka. Wakaf bisa menjadi cara untuk memberdayakan ekonomi ummat.

"Kenapa saya peduli gerakan Payakumbuh Berwakaf ini, karena didasarkan kepada keyakinan bahwa pertumbuhan ekonomi Kota Payakumnuh bisa ditingkatkan dengan program wakaf ini," ujar Wako Riza.

Dijelaskan, wakaf memiliki fleksibilitas dalam penggunaan dana yang dihimpunnya. Keuntungan dari dana wakaf yang diproduktifkan bisa langsung digunakan untuk memperkuat dan melebarkan usaha tersebut.

"Kita ingin meningkatkan pertumbuhan ekonomi menggunakan dana APBD melalui berbagai program, katakanlah program budidaya sapi. Cuma kelemahannya, keuntungan dari budidaya sapi jika menggunakan dana apbd, maka baru bisa dikembangkan menunggu tahun anggran berikutnya, kalau sumbernya dari wakaf bisa langsung dikembangkan, misalnya beli sapi atau anakan sapi baru," beber Riza.

Meski demikian, Riza mengingatkan, fleksibilitas yang dimiliki dana wakaf ibarat pisau bermata dua. Dia punya potensi untuk diselewengkan.

"Wakaf bisa seperti pisau bermata dua, jika tidak dikelola dengan baik dan amanah, maka ia akan menjadi ladang korupsi baru, jadi pilihlah pengelola dan pengurus yang amanah," sebut Riza.

Menurut Kepala Kemenag Kota Payakumbuh, Asra Faber, gerakan Payakumbuh Berzakat ini merupakan yang pertama se Indonesia.

"Kota kita adalah yang pertama menggulirkan ini, kita pilot project, mudah mudahan menjadi contoh bagi daerah lain," ujar Asra.

Dikatakan Asra, saat ini pihaknya sedang mengusulkan kepada Menteri Agama RI untuk memberikan penghargaan khusus kepada Walikota Payakumbuh atas kepeduliannya terhadap program wakaf ini.

"Kita sedang usulkan penghargaan khusus tentang wakaf ini dari kementrian agama pusat bagi walikota kita, mudah-mudahan di kabulkan," pungkas Asra Faber. (Rahmat Sitepu)
Previous Post Next Post