N3, Sarolangun ~ Bupati Sarolangun H.Cek Endra bertindak sebagai Inspektur Upacara memperingati Hari Otonomi Daerah Ke XXII,di Lapangan Gunung Kembang,Rabu (25/04/2018).

Turut hadir dalam Upacara tersebut Wakil Bupati H.
Hillalatil Badri, Kejari Sarolangun Ikhwan Nul Hakim, Kapolres Sarolangun AKBP Dadan Wira Laksana, Kepala Dinas/Badan/Kantor,para Camat, pejabat eselon ÌII, IV dan Staf.

Dalam Sambutan Menteri Dalam Negeri RI Tjahjo Kumolo yang dibacakan Bupati Sarolangun, mengajak Kabupaten/Kota untuk melakukan inovasi-inovasi dalam melaksanakan pembangunan di daerah.

Mengutip amanat mendagri, H.Cek Endra menerangkan bahwa jika otonomi daerah mampu diselenggarakan secara bersih dan demokratis.

"Kita harus bisa berinovasi di daerah, maka nawacita yang merupakan cita-cita bersama akan terwujud dan menjadi sebuah inovasi yang baik dan bervariasi serta berkelanjutan,"ucap Bupati.

Otonomi daerah telah mendorong adanya proses pengambilan keputusan publik yang lebih partisipatif, juga demokratis. Dari otonomi daerah yang kita rasakan bersama adalah munculnya pemerintahan yang lebih responsif akan kebutuhan masyarakat setempat. Peran aktif masyarakat dalam memberikan kontrol sosial juga turut terdorong sehingga tercipta pemerintahan yang lebih transparan dan akuntabel.

"Adapun yang menjadi tantangan besar bersama,adalah bagaimana menyebarkan sebanyak mungkin buah positif otonomi daerah ke pelosok desa terutama saudara-saudara kita yang berada di daerah terpencil," ujarnya.

Untuk itu Bupati menekankan, ada tiga hal yang menjadi perhatian bersama,yaitu pertama integritas dan etika profesionalisme bagi para pemimpin dan penyelenggara pemerintahan daerah dalam implementasi kebijakan desentralisasi dan otonomi daerah.Kedua,mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan yang ketiga upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan kualitas pelayanan publik, peningkatan pemberdayaan masyarakat dan peningkatan daya saing perekonomian daerah.  (SRF)
 
Top